Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Bangka Tengah

Sani, Abdul (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Bangka Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43904.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemerintah didalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas belum seperti yang diharapkan masyarakat. Masih ditemukannya berbagai keluhan masyarakat mengenai pelayanan langsung yang diberikan pemerintah. Keluhan ini dapat dirasakan dan dilihat langsung ketika berada ditempat pelayanan maupun keluhan dan tanggapan masyarakat melalui media. Kualitas pelayanan pemerintah secara umum masih jauh dari memenuhi harapan masyarakat, tidak terkecuali di Poliklinik Gigi pada lnstalasi Rawat Jalan RSUD Bangka Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di instansi tersebut. Pisau Analisis yang digunakan adalah Teori ServQual dari Parasuraman, Berry dan Zethitamal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh di lokasi penelitian dengan informan yang berasal baik dari internal maupun ekstemal RSUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Tangibles (berwujud) dinilai oleh masyarakat sebagai pengguna layanan adalah cukup berkualitas, Reliability (kehandalan) dinilai berkualitas, Assurance (jaminan) dinilai cukup berkualitas, dimensi Responsivenes (ketanggapan) dinilai berkualitas dan Emphaty ( empati) dinilai cukup berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43904.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality, Service, Public, Kualitas, Pelayanan, Publik
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:38
Last Modified: 03 Feb 2021 06:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item View Item