Wagiyem, (2013) Sertifikasi dan Motivasi Sebagai Prediktor Terbadap Kinerja Guru Melalui Prestasi Kerja Guru SMP Negeri Se-Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41419.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah sertifikasi yang merupakan program pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme guru yang tuntutannya guru memiliki kompetensi poedagogik, kepribadian, sosial. dan profesionalisme, memiliki motivasi yang merupakan semangat atau dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan yang dapat berpengaruh positif dalam mencapai kinerja dibarapkan dapat sebagai prediktor terhadap kinerja guru melalui prestasi kerja guru. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab hipotesis yaitu: (1) sertifikasi sebagai prediktor terhadap prestasi kerja, (2) motivasi sebagai prediktor terhadap prestasi kerja, (3) sertiftkasi sebagai prediktor secara langsung terbadap kinerja, (4) motivasi sebagai prediktor secara langsung terhadap kinerja, (5) prestasi kerja sebagai prediktor secara langsung terbadap kinerja, (6) sertifikasi sebagai prediktor terbadap kinerja melalui prestasi kerja, (1) motivasi sebagai prediktor terbadap kinerja melalui prestasi kerja. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri se-Kota Batam yang sudah mengikuti sertiftkasi sampai batas tahun 2012. Sampel penelitian dengan cara random dari guru sertifikasi SMP Negeri di Kota Batam. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan model SEM (Strulural Equation Modelling) AMOS Versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa sertifikasi merupakan prediktor positif yang signiftkan terhadap prestasi kerja guru sebesar 0.592. Motivasi merupakan prediktor positif yang signifikan terhadap prestasi kerja guru sebesar 1,41. Dalam arti bila motivasi guru meningkat maka prestasi guru akan meningkat dan sebaliknya apabila motivasi guru menurun maka prestasi kerja guru akan menurun juga sebesar 1,41. Prestasi kerja merupakan prediktor positif yang signiftkan terbadap kinerja guru sebesar 0.011. Dalam arti bila prestasi kerja guru meningkat maka kinerja guru akan meningkat dan sebaliknya apabila prestasi kerja guru menurun maka kinerja guru akan menurun juga sebesar 0.011.Sertiftkasi guru merupakan prediktor positif yang signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0.129. Motivasi guru merupakan prediktor positif yang signiftkan terhadap kinerja guru sebesar 0.651. Artinya bila motivasi guru meningkat maka kinerja guru akan meningkat dan sebaliknya bila motivasi guru menurun maka kinerja guru akan mengalami penunman juga sebesar 0.651. Sertiftkasi merupakan prediktor positif yang signifikan terhadap kinerja guru melalui mediating prestasi kerja (sertifikasi - prestasi kerja - kinerja) sebesar 0,029. Motivasi merupakan prediktor positif yang signifikan terhadap kinerja guru melalui mediating prestasi kerja (motivasi--prestasi kerja - kinerja) sebesar 0,008. Sebagai simpulan, penelitian ini membuktikan bahwa sertiftkasi dan motivasi merupakan prediktor positif yang signiftkan terbadap kinerja melalui prestasi kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41419.pdf |
Uncontrolled Keywords: | sertifikasi, motivasi, prestasi kerja, kinerja guru, prediktor |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 08:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:31 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/922 |
Actions (login required)
View Item |