Khomsatun, Siti (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VI SD Negeri 3 Ketanon. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44183.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Selama ini, masalah-masalah matematika terbuka (open problems) atau soal open-ended, hampir tidak pemah disajikan di sekolah. Siswa cenderung merasa aneh dan mengalami kesulitan ketika mereka menjumpai soal tersebut,sehingga banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa kelas VI SDN 3 Ketanon dalam menyelesaikan soal open-ended pada operasi hitung bilangan bulat dan untuk mendeskripsikan perbedaan letak kesalahan siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Penel itian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis kesalahan siswa dideskripsikan berdasarkan prosedur Newman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Siswa yang melakukan kesalahan dalam menjawab soal uraian tipe open-ended ditentukan sebagai objek penelitian. Pengelompokan didasarkan perangkingan hasil tes, kemudian dipilih 2 siswa dari masing-masing kelompok untuk dijadikan objek wawancara, untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: I) jenis-jenis kesalahan yang dialami siswa meliputi kesalahan dalam reading, comprehension, transformation, process skills, dan encoding. 2) Letak perbedaan kesalahan yang dilakukan kelompok atas, sedang, dan bawah, meliputi perbedaan banyaknya dan perbedaan jenis kesalahan. Pada kelompok atas maksimal siswa melakukan tiga macam kesalahan, dan tidak ada siswa yang melakukan kesalahan membaca dan hanya 1 siswa yang melakukan kesalahan memahami. Kelompok sedang maksimal empat macam kesalahan, dan juga tidak ada siswa yang melakukan kesalahan membaca namun sudah ada yang melakukan kesalahan memahami. Sedangkan kelompok bawah hanya ada I siswa yang melakukan empat macam kesalahan, selebihnya melakukan lima jenis kesalahan. 3) Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal meliputi a) tidak mampu menggali/memahami informasi penting dari soal; b) kurang mampu mentransformasi kalimat uraian menjadi bentuk matematis; c) tidak terbiasa dengan soal open-ended; d) tidak terbiasa menyelesaikan soal cerita secara terstruktur; e) belum menguasai konsep operasi hitung campuran bilangan bulat;f) ketidaklengkapan pengetahuan; g) kurang teliti; dan h) faktor psikologis, yaitu kondisi emosional siswa saat menyelesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44183.pdf |
Uncontrolled Keywords: | errors analysis, mathematical errors, open ended question, integer Operation, analisis kesalahan, kesalahan matematika, soal open-ended, operasi hitung bilangan bulat |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 09:57 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 09:57 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9238 |
Actions (login required)
View Item |