Wagimin, (2019) Hubungan Literasi Digital Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru Di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44081.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Salah satu literasi yang berkaitan dengan kinerja guru adalah literasi digital yaitu kemampuan menemukan, menggunakan, membuat dan mengomunikasikan konten yang ada pada media digital. Selain itu, kinerja guru juga dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik yang meliputi kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan literasi digital dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, (2) bubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus I Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, dan (3) hubungan literasi digital dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilakukan di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan populasi sebanyak 95 orang. Metode yang digunakao adalah metode survei. Adapun data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada sampel penelitian, yaitu 75 guru di Gugus 1 Kecamatan Pule. Analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi tinier ganda dengan menggunakan software SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) ada hubungan literasi digital dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,421 dan persamaan regresi Y = 72,476 + 0,342Xi. (2) ada hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,721 dan persamaan regresi Y = 14,283 + 0,683X2, dan (3) ada hubungan literasi digital dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,722 dan persamaan regresi Y = 15,001 + 0,033X1 + 0,661X2. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, disarankan agar guru di abad ke-21 senantiasa meningkatkan kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik agar kinerja guru juga meningkat. Di samping itu, untuk menghadapi abad ke-21, kepala sekolah sebaiknya memberikan motivasi kepada guru untuk selalu meningkatkan kemampuan literasi digital dan memberikan solusi kepada guru yang masih memiliki kompetensi yang kurang, serta memiliki kinerja yang kurang baik.
Actions (login required)
View Item |