Hubungan Literasi Digital Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru Di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek

Wagimin, (2019) Hubungan Literasi Digital Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru Di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44081.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu literasi yang berkaitan dengan kinerja guru adalah literasi digital yaitu kemampuan menemukan, menggunakan, membuat dan mengomunikasikan konten yang ada pada media digital. Selain itu, kinerja guru juga dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik yang meliputi kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan literasi digital dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, (2) bubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus I Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, dan (3) hubungan literasi digital dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilakukan di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan populasi sebanyak 95 orang. Metode yang digunakao adalah metode survei. Adapun data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada sampel penelitian, yaitu 75 guru di Gugus 1 Kecamatan Pule. Analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi tinier ganda dengan menggunakan software SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) ada hubungan literasi digital dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,421 dan persamaan regresi Y = 72,476 + 0,342Xi. (2) ada hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,721 dan persamaan regresi Y = 14,283 + 0,683X2, dan (3) ada hubungan literasi digital dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dengan koefisien korelasi 0,722 dan persamaan regresi Y = 15,001 + 0,033X1 + 0,661X2. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, disarankan agar guru di abad ke-21 senantiasa meningkatkan kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik agar kinerja guru juga meningkat. Di samping itu, untuk menghadapi abad ke-21, kepala sekolah sebaiknya memberikan motivasi kepada guru untuk selalu meningkatkan kemampuan literasi digital dan memberikan solusi kepada guru yang masih memiliki kompetensi yang kurang, serta memiliki kinerja yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44081.pdf
Uncontrolled Keywords: digital literation, pedagogic competence, teacher performance, literasi digital, kompetensi pedagogik, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:18
Last Modified: 12 Mar 2021 03:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item