Pengembangan Media Booklet Tema Pekerjaan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Materi Pengetahuan Karier Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Padmiarsi, Anna Yunita and Supriyono, and Kusmawan, Udan (2019) Pengembangan Media Booklet Tema Pekerjaan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Materi Pengetahuan Karier Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44080.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran tentang pekerjaan berbasis potensi lokal. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan dan menguji efektitltas bahan ajar booklet terhadap pengetahuan siswa kelompok IV pada tema pekerjaan, fokus pada potensi lokal sehingga pembelajaran menjAdi aktif. Desain penelitian dan pcngembangan menggunakan model Borg & Goll diadaptasi hingga langkah ketujuh. Prosedur penelitian dimulai dengan pengumpulan data awal melalui wawancara, merencanakan produk, mengembangkan produk awal) melakukan revisi berdasarkan angket kelayakan bahan ajar oleh validator, melakukan uji coba awal bahan ajar. melakukan revisi bahan ajar berdasarkan angket keterbacaan bahan ajar, angket keterlaksanaan bahan ajar oleh siswa, komentar, dan saran. Pengujian efektifitas bahan ajar booklet menggunakan tes uraian. Analisis data hasil angket menggunakan analisis deskriptif berdasarkan tema pekerjaan. Desain uji coba efektifitas menggunakan metode kuasi eksperimen pretes-posttest kelompok control. Pengajian efektifitas bahan. ajar booklet menggunakan dua kelompok sampel sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan bahan ajar booklet dalam pembelajaran. Kelompok kontrol adalah kelompok yani menggunakan buku teks dalam pembelajaran. Hasil pretes dan posttest dianalisis mcnggunakan uji normalitas Kolmogorov - smirnov, uji homogenitas Levene dan uji t. Hasil analisis data hasil angket menunjukkan nilai 3,40. Hal ini berarti bahan ajar booklet layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji t menunjukkan signifikansi pasca tes sebesar 0,030. Jadi terdapat perbedaan kemampuan meningkatkan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelebihan bahan ajar booklet antara lain gambar rill yang diambil dari lingkungan sekitar, dimana murid mengetahui letak dan kondisi yang tertera pada gambar,narasi jelas, penampilan booklet menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44080.pdf
Uncontrolled Keywords: Media booklet, improve carrier knowledge, Media booklet, meningkatkan pengetahuan karier.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:24
Last Modified: 15 Mar 2021 06:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9248

Actions (login required)

View Item View Item