Pengembangan Media Pop Up Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Susanti, Ana and Supriyono, and Chandrawati, Titi (2019) Pengembangan Media Pop Up Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44079.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam mengarang masih rendah, terutama dalam memilih kata,mengembangkan kalimat, dan menggunakan ejaan. Hal ini ditunjukkan dengan ketercapaian KKM dari 22 siswa yang bisa mencapai KKM hanya 22% dalam menulis karangan sedangkan yang belum mencapai KKM 78%. Media pop up gambar berseri bisa menjadi salah satu altematif dalam mengembangkan kreativitas menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up gambar berseri serta menguji kevalitan dan keefektifannya dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa. Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), media pop up gambar berseri dikembangkan dengan model ADDIE pada siswa kelas IV di SDN I Jabon dan SDN I Tanjung yang berjumlah 22 siswa. Untuk menguji validitas digunakan angket untuk uji ahli materi, ahli media dan pengambil kebijakan, Untuk menguji efektivitas digunakan desain penelitian eksperimental. Sedangkan untuk menguji efektivitas digunakan tes, yang basil tes akan dinilai oleh sebuah tim penilai. Dengan demikian ada dua instrumen yang digunakan, yaitu angket dan tes. Analisis data digunakan analisis data deskriptif untuk uji validitas dan uji-t untuk penelitian eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan basil menulis karangan siswa sebelum dan sesudah penggunaan media gambar berseri. Ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 58,86 sedangkan posttest sebesar 74,5. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan hasil sig(2-tailed) < 0,05 berarti ada perubahan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa sekolah dasar kelas IV di SDN 1 Jabon dan SDN 1 Tanjung kecamatan Kalidawir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44079.pdf
Uncontrolled Keywords: development, serial image pop-up, student writing creativity, pengembangan,media pop up gambar berseri,kreativitas menulis siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:58
Last Modified: 15 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9249

Actions (login required)

View Item View Item