Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas I Sekolah Dasar

Alistyawati, Niken and Maryaeni, and Julaeha, Siti (2019) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas I Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44071.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran tematik diharapkan tercipta pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung dan melibatkan peran aktif siswa. Siswa aktif dalam menggali pengetahuannya dengan berbagai kegiatan. Temuan di lapangan, hasil evaluasi siswa masih di bawah KKM 70 (50%), pembelajaran masih kurang maksimal dan kurang bersifat kontekstual. Hal ini disebabkan karena ketersediaan bahan ajar hanya dari pemberian pemerintah dan kurang bervariasi serta minimnya kegiatan dan latihan soal untuk siswa. Berdasarkan masalah ini, diperlukan penelitian perngembangan bahan ajar pendamping yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SDN 3 Bolorejo kota Tulungagung, dengan tujuan menghasilkan bahan ajar tematik yang berbasis pendekatan kontekstual di kelas I sekolah dasar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4-D dengan langkah-langkah penelitian yang mengalami modifikasi berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil pengembangan bahan ajar telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian dua validator dengan tingkat kevalidan 90%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari penilaian observasi guru (93%) dengan kategori sangat baik dan ketuntasan rata-rata evaluasi belajar setiap siswa 89% dan klasikal 100%, hasil keduanya menunjukan telah memenuhi ketetapan yaitu 70%. Kepraktisan bahan ajar ditunjukkan berdasarkan respon guru (98%) dan respon siswa (97%). Hasil tersebut masuk kategori sangat praktis. Dengan demikian bahan ajar tematik berbasis pendekatan kontekstual di kelas I sekolah dasar baik dan layak untuk digunakan sebagai pendamping bahan ajar yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44071.pdf
Uncontrolled Keywords: Teaching materials, thematic, contextual, Bahan Ajar, tematik, kontekstual
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:01
Last Modified: 24 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item