Lumi, Wailan MJT (2013) Pengaruh Strategi Servqual dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian serta Loyalitas Konsumen Ritel Hipermarket XYZ Lebak Bulus-Jakarta. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41061.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industri ritel sangat menarik untuk dicermati, karena melayani kebutuhan konsumsi keseharian (fast moving consumer goods). Kalangan dunia usaha ritel patut mempertahankan keunggulan kompetitif berkelanjutan, karena kompetisi di dalam bisnis ritel torgolong ketat. Wacana strategi bersaing tidak bisa lepas dari 3 topik sentral, yaitu jasa/ layanan (service), kualitas (quality), dan kepuasan (satisfaction). Model kualitas jasa yang diterima secara luas adalah model SERVQUAL yang dikembangkan dengan maksud untuk membantu para manager menganalisis sumber masalah kualitas dan memahami cara-cara memperbaiki kualitas jasa. Penulis ingin mengetahui korelasi/ pengaruh strategi ServQual ritel dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian serta loyalitas konsumen XYZ, Jakarta, yaitu: (i) pengaruh 5 dimensi utama kualitas jasa (servqual) ritel terhadap keputusan pembelian; (ii) pengaruh kepercayaan (kredibilitas/ credibility dan niat baik/ benevolence) terhadap keputusan pembelian; (iii) pengaruh keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen XYZ-Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-dekriptif, dengan alat bantu analisis menggunakan Program SPSS for Windows 13.0 dan Untuk menguji pengaruh antar variabel eksogen dan endogen, metode penelitian tersebut menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel 8.70. Data primer diambil dari 300 orang Pelanggan Ritel Hipermarket XYZ sebagai responden. Hasil akhir daripada studi ini adalah terdapat korelasi antara variabel service-quality dengan keputusan pembelian, terdapat korelasi variabel kepercayaan dengan variabel keputusan pembelian, dan juga terdapat korelasi variabel keputusan pembelian dengan variabel loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41061.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Retail, Service-Quality, Trust, Purchasing Decision, Consumer Loyalty |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.401 Planning and Strategic Management (Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 09:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 02:05 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/929 |
Actions (login required)
View Item |