Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini Dalam Menuju Masyarakat Ekonomi Global

Kurniasih, Eem and Masduki, Lusi Rachmiazasi (2015) Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini Dalam Menuju Masyarakat Ekonomi Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal: andragogia, 8 (2). pp. 45-57. ISSN 2086-7260

[img]
Preview
Text
21-B0010.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakann usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya. Potensi yang meliputi kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk dirinya, masyarakat. bangsa dan Negara, seperti tercantum dalam UU Sisdiknas No. 20 Th 2003 Potensi tersebut diwujudkan melalui proses pendidikan di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Di sisi lain dalam kehldupan sehari-hari membangun karakter anak hendaknya dimulai sejak usia dini 0-6 tahun . karena saat itu otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. ltulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu banyak yang menyebut masa-masa emas anak (golden ege). Oleh karena itu, sebagal orang tua hendaknya memanfaatkan masa emas (Qolden age) anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak. Sehingga anak bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam kehldupannya di masa mendatang. Tidak boleh diabaikan bahwa dalam pendidikan kewirausahaan yang berbasis karakter juga dapat dimulai dari sejak usia dini untuk menuju masyarakat ekonomi global. Sebagal pendidik serta orang tua dari anak-anak dapat memanfaatkan masa emas anak (golden age) untuk memberikan pembelajaran pendidikan kewirausahaan berbasis karakter dengan memberikan teladan bersikap positif saat proses pembelajaran anak usia dini tanpa ada unsur paksaan dan tekanan dari guru juga orang tua. Semakln anak senang mencoba sesuatu yang baru, akan rnendorong anak memanfaatkan tantangan sebagai upaya meraih keberhasilan. lnilah hasilnya anak-anak akan tahan banting dalam persaingan yang sangat kompetitif tanpa meninggalkan hubungan spiriual anak dengan Tuhan Yang Maha Esa di ere Globalisasi. Akhirnya diperlukan sosialisasi tentang bagaimana pendidikan keWirausahaan berbasis karakter pada anak usia dini dapat diwujudkan?; dan bagaimana upaya ril menuju masyarakat ekonomi global pada anak usia dini? Hasil pembelajaran akan memberikan arti dan pemahaman sehingga menjadl nilal keyakinan setiap anak. Cara anak memahami bentuk pembelajaran akan menentukan cara anak memperlakukan dunianya. Pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negaif dan pernahaman yang positif akan memperlakukan dunianya dengan positif.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 21/B0010.pdf
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewirausahaan, karakter anak usia dini, ekonoml global
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.7 Moral and Character Training (Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:43
Last Modified: 29 Apr 2021 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item