Peran Guru Pendidikan Demokrasi Anak Usia Dini Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2045

Kurniasih, Eem and Masduki, Lusi Rachmiazasi and Resti, Stefani Nawati Eko (2017) Peran Guru Pendidikan Demokrasi Anak Usia Dini Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal andragogia, 10 (1). pp. 33-44.

[img]
Preview
Text
21-B0011.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam menyongsong Indonesia Emas di Tahun 2045 atau yang dlsebut dengan generasi emas Indonesia 2045 peran pendidikan menjadl panting. Sehingga diperlukan manajemen tenaga pendidikan yang proresional. 'Untuk mewujudkan generasl emas, seorang pendidik dan tenaga kependidikan harus memllikl jiwa profeslonal yang berkarakter dan lnovasi,serta menjadi teladan'.Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normaur. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkuwalitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat,berbangsa dan benegara. Kita menyadari,bahwa melalui pendidikan yang demokatis bangsa kita menjadi maju dan dapat mengejar ketertinggalan dari bangsa lain, baok dalam bidang sains dan teknologi maupun ekonomi Peran pendidikan penting juga dalam membangun peradaban bangsa yang berdasarkan atas jati din dan karakter bangsa. Apapun persoalan bangsa yang dihadapi komitmen kita untuk melaksanakan pembangunan pendidikan demokratis sesual dengan amanalan konstitusi dan berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku tetap dipegang. Pendidikan demokrasi pada anak usia dini memang tidak bisa dipelajari secara instan. Nilai-nilai demokrasi semestinya sudah dlsosialisasikan pada seseorang sejak mereka masih mengijak usia dini. program ini panting maka judul: "Peran Pendidikan Demokrasi Anak Usia Dini perlu disiapkan sebagai Generasl Emas Indonesia 2045', perlu dlmunculkan dengan gaya kehldupan yang demokrasi ketika sesaorang dewasa nanti. Khalil Gibran menyalakan dalam puisinya, ... ."anak merupakan putra - putri Sang Hidup yang rindu pada diri sendiri,yang jiwanya adalah penghuni rumah masa depan,yang kehidupannya akan terus berlangsung tiada henti,sampai segala sesuatunya berakhir".

Item Type: Article
Additional Information (ID): 21/B0011.pdf
Uncontrolled Keywords: peran guru, pendidikan demokrasi,generasi emas Indonesia 2045
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:57
Last Modified: 29 Apr 2021 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item