Pendekatan Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok Berbasis Lingkungan Dalam Pembelajaran Ekosistem Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 2 Tamban Baru Tengah Kecamatan Kapuas Kuala)

Amani, Mukhyar and Kasanah, Siti (2011) Pendekatan Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok Berbasis Lingkungan Dalam Pembelajaran Ekosistem Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 2 Tamban Baru Tengah Kecamatan Kapuas Kuala). LANDASAN (Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan), 6 (2). pp. 28-42.

[img]
Preview
Text
B0016-21.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi hasil belajar siswa dan hasil selama proses pembelajaran, mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran konsep ekosistem melalui pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok berbasis lingkungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tamban Baru pada tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 6 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem dan pada siklus 2 membahas tumbuhan dan hewan yang sering dimanfaatkan manusia. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Tamban Baru pada konsep ekosistem. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,66% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dan mencapai ketuntasan klasikal pada siklus 2. Hasil selama proses pembelajarn juga meningkat dari kategori sedang pada siklus 1 meningkat menjadi kategori baik pada siklus 2. Proses pembelajaran belum sepenuhnya terpusat pada siswa, namun pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Article
Additional Information (ID): B0016-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Konsep Ekosistem, pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok, lingkungan, hasil belajar siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2021 06:47
Last Modified: 10 May 2021 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item