Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Hewan dan Jenis Makanannya dengan Model Pembelajaran Artikulasi Siswa Kelas IV SD Galagah Hulu Tahun Pelajaran 2012/2013

Mukhyar, Amani and Hadi, Abdul (2013) Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Hewan dan Jenis Makanannya dengan Model Pembelajaran Artikulasi Siswa Kelas IV SD Galagah Hulu Tahun Pelajaran 2012/2013. LANDASAN (Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan), 8 (1). ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Text
B0018-21.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV setelah mengikuti model pembelajaran artikulasi dan meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaranyang menggunakan model artikulasi. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang “Meningkatkan hasil belajar IPA pada materi hewan dan jenis makanannya dengan model pembelajaran artikulasi siswa kelas IV SD Negeri Galagah Hulu tahun pelajaran 2012/2013”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Galagah Hulu tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif model artikulasi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Negeri Galagah Hulu pada materi hewan dan jenis makanannya. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan rata-rata 61,60 dan pada siklus 2 sebesar 85. Hasil observasi aktivitas aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan rata-rata 3,78 dengan kategori baik dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 4,78 dengan kategori amat baik.

Item Type: Article
Additional Information (ID): B0018-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Materi Hewan dan jenis makanannya, tipe artikulasi, hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2021 07:00
Last Modified: 10 May 2021 07:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9326

Actions (login required)

View Item View Item