Sylvana, Andi and Zuhairi, Aminudin (2007) Pengukuran Kinerja Organisasi. In: Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM), 19-23 November 2007, Universitas Terbuka. (Unpublished)
|
Text
Pengukuran Kinerja Organisasi.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Era pasar bebas dan kondisi lingkungan yang semakin dinamis menyebabkan organisasi harus menetapkan strategi yang tepat dan mengimplementasikannya dengan baik. Tuntutan agar strategi yang ada lebih dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemakaian sumber daya organisasi menjadi mengemuka. Sistem pengukuran kinerja merupakan salah satu model yang andal untuk memonitoring keberhasilan implementasi strategi atau strategi objektif yang telah ditetapkan pengelola organisasi. Selain itu informasi kinerja yang dihasilkan suatu sistem pengukuran kinerja dapat juga menjadi suatu bentuk akuntabilitas pengelola organisai kepada pemilik (stakeholder) organisasi. Selama ini, sistem pengukuran kinerja organisasi lebih menitikberatkan pada sisi keuangan (Kald dan Nilsson, 2000) yang sebenarnya hanya akan mengaburkan atau menyembunyikan kemampuan organisasi tersebut dalam mencapai suatu nilai ekonomis di masa yang akan datang. Pengelola organisasi dikatakan sukses jika berhasil mencapai suatu tingkat keuangan tertentu. Keadaan seperti ini mengakibatkan banyak organisasi yang berusaha untuk meningkatkan keuntungan dengan cara apapun. Hal ini dapat menyebabkan organisasi terjebak pada orientasi jangka pendek dan mengabaikan kelangsungan hidup jangka panjang dari organisasi tersebut. Sedangkan perkembangan organisasi untuk dapat bersaing dan bertahan di masa depan bukan hanya membutuhkan aspek finansial saja tetapi juga harus memperhatikan aspek di luar finansial seperti kualitas, kepuasaan pelanggan dan lain-lain. Oleh karena itu para akademisi dan praktisi berusaha merancang sistem pengukuran kinerja organisasi baru yang lebih relevan dengan memperhatikan aspek finansial dan non finansial yang terintegrasi. Model-model baru sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi tersebut seperti Strategic Management Analysis and Reporting Technique (SMART System), Balance Scorecard, Cambridge System dan Integrated Performance Measurement System (IPMS)
Item Type: | Conference or Workshop Item (Lecture) |
---|---|
Additional Information (ID): | Pengukuran Kinerja Organisasi.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kinerja.organisasi |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 300.6O rganization and Management (Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.04 Manajement for Specific Organizations (Manajemen Organisasi Tertentu) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:26 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:26 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9339 |
Actions (login required)
View Item |