Analisis Portofolio Bisnis Menggunakan Natriks General Electric (Studi Kasus: PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Tahun 2002-2006)

Sudariyono, Gatot (2008) Analisis Portofolio Bisnis Menggunakan Natriks General Electric (Studi Kasus: PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Tahun 2002-2006). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh globalisasi membuat perdagangan antar Negara semakin luas dan terbuka. Beberapa antaranya adalah kesepakatan AFTA (Asean Free Trade Area), APEC (Asia Pacific Economy Cooperation) serta WTO (World Trade Organization) memberikan dampak semakin banyaknya arus barang ekspor dan impor yang menggunakan jasa kepelabuhan. PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II harus melakukan berbagai langkah dan kebijakan strategis. Lingkungan stategis yang terus berubah dengan cepat merupakan suatu hal yang harus diantisipasi oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan dalam ruang lingkup manajemen strategik, khususnya analisis portofolio bisnis PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II. Sebagai langkah awal dari penelitian ini dimulai dari analisis terhadap visi dan misi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II. Tahap kedua adalah mengidentifikasi faktor lingkungan perusahaan dengan alat bantu analisis matriks SPACE yang mencakup faktor internal maupun eksternal. Lingkungan internal merupakan lingkungan yang mencakup dua dimensi yaitu dimensi kekuatan keuangan dan keunggulan bersaing, sedangkan lingkungan eksternal mencakup stabilitas lingkungan dan kekuatan industri. Penyusunan variabel dari masing-masing dimensi disesuaikan dengan perusahaan yang diteliti dan didasarkan pada informasi nyata sebanyak mungkin. Tahap selanjutnya dilakukan analisis GE untuk menentukan posisi masing-masing unit bisnis. Berdasarkan matriks tersebut akan memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai posisi unit bisnis dalam industry kepelabuhannya saat ini dan masa depan serta memberikan alternative strategi yang akan diaplikasikan oleh perusahaan untuk menuju kepada sasaran masa depan yang diharapkan. Pada tahap implementasi sepenuhnya diserahkan kepada kebijakan manajemen perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41096.pdf
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:29
Last Modified: 05 Aug 2016 01:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item