Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Pasar Srinadi Kabupaten Klingkung

Rumbawan, Gde (2010) Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Pasar Srinadi Kabupaten Klingkung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41203.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia yang efektif berkaitan dengan kinerja dari hasil pengelolaan sumber daya manusia yang maksimal. Salah satu aspek yang perlu dikaji adalah kinerja karyawan Koperasi Pasar Srinadi Kabupaten Klungkung yang dikaitkan dengan kompensasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan. Kinerja karyawan ini penting untuk dikaji mengingat keberhasilan suatu organisasi dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dapat ditentukan oleh kinerja yang dicapai oleh karyawannya. Penelitian ini memiliki 3 tujuan: (1) untuk mengetahui ada tidaknya kompensasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Koppas Srinadi, (2) untuk mengetahui ada tidaknya kompensasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan Koppas Srinadi,(3) untuk mengetahui ada tidaknya diantara kompensasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan yang berpengaruh dominan terhadap kinerja Koppas Srinadi. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang pengumpulan datanya melalui penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan responden. Sampel penelitian berjumlah 111 karyawan dari responden 112 karyawan populasi. Sebelum dilakukan analisis regresi terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen, selanjutnya dilakukan uji asumsi kelasik. Alat analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Variabel independen penelitian ini adalah kompensasi, disiplin kerja, dan gaya kepemimpinan, serta variabel dependen adalah kinerja karyawan. Dari hasil penelitian diketahui pada hasil analisis menunjukkan nilai koefisien R 331,297 ini berarti bahwa secara simultan variabel kompensasi, disiplin kerja, dan gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu secara parsial variabel kompensasi, disiplin kerja, dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari ketiga variabel independen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu kompensasi, disiplin kerja, dan gaya kepemimpinan yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan Koperasi Pasar Srinadi kabupaten Klungkung adalah variabel kompensasi dengan nilai Beta 0,599. Penelitian ini membuktikan bahwa kompensasi yang memenuhi harapan, disiplin kerja yang baik dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja. Kinerja yang baik pada akhirnya dapat menjadi kunci keberhasilan koperasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41203.pdf
Uncontrolled Keywords: compensation, working discipline, leadership style and performance, kompensasi, disiplin kerja, gaya kepemimpinan dan kinerja
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:36
Last Modified: 05 Aug 2016 01:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item