Pengaruh Pengawasan Dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru Di SD Negeri Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan

Suharni, (2020) Pengaruh Pengawasan Dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru Di SD Negeri Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44375.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk rnengetahui dan rnenganalisis pengaruh: l) pengawasan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru, 2) keterarnpilan manajerial kepala sekolah terhadap OCB guru serta 3) pengawasan dan keterarnpilan rnanajerial kepala sekolah secara simultan terhadap OCB guru di SD Negeri Kecarnatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini ex post facto dengan variabel bebasnya adalah pengawasan dan keterarnpilan manajerial kepala sekolah, sedangkan variabel terikat adalah OCB guru. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 110 orang yang tersebar di 27 SD Negeri. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dan teknik angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi baik secara sederhana maupun ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signitikan antara pengawasan terhadap OCB guru, rnengandung arti bahwa semakin tinggi tingkat pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah, maka sernakin baik pula OCB gurunya, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap OCB guru mengandung arti bahwa semakin baik persepsi seorang guru terhadap keterampilan manajerial kepala sekolahnya, maka semakin baik pula OCB gurunya, 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan dan keterampilan manajerial kepala sekolah secara bersama-sama terhadap OCB guru. Mengandung arti bahwa semakin tinggi tingkat pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan semakin baik persepsi guru mengenai keterampilan manajerial kepala sekolah, maka semakin baik pula OCB guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 21/44375.pdf
Uncontrolled Keywords: supervision, principals managerial skills, Organizational Citizenship Behavior teachers, pengawasan, keterampilan manajerial kepala sekolah, Or.e,anizational Citizenship Behavior guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:59
Last Modified: 11 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9439

Actions (login required)

View Item View Item