Analisa Efektifitas Strategi Promosi terhadap Penjualan Obat Flu Merek Decolgen (Studi Kasus pada PT. Medifarma Laboratories)

Chaidarsyah, Renaldi (2009) Analisa Efektifitas Strategi Promosi terhadap Penjualan Obat Flu Merek Decolgen (Studi Kasus pada PT. Medifarma Laboratories). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41211.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin ketatnya persaingan obat flu di tanah air menyebabkan terjadinya perebutan 'pangsa pasar' penjualan obat flu yang semakin dinamis. Tidak ada satu perusahaan pun yang dapat berpongah diri bila 'dulu' produknya mendominasi pasar, karena munculnya para pesaing baru yang senantiasa berupaya untuk mengungguli atau bahkan mengalahkan para pemain 'senior' yang dulu menjadi 'jagoan' pasar. Kondisi ini pun di alami salah satu merek obat flu yang tergolong senior di pasar kategori obat flu, yaitu Decolgen. Ketika di era sebelum tahun 2002 pangsa pasar Decolgen senantiasa berkisar pada angka 20%, maka setelah era tersebut Decolgen mengalami penurunan pangsa pasar dengan hanya berkutat pada share di bawah 17%. Terdapat sekitar 200-an merek obat bebas flu yang saat ini beredar di tanah air. Sangat sulit dibayangkan bila obat flu Decolgen hanya berdiam diri merenungi masa kejayaannya tanpa pernah melakukan tindakan untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Dalam era 2000-an, PT. Medifarma Laboratories, selaku produsen obat flu merek Decolgen mencoba berbenah diri. Perusahaan telah melakukan pembenahan konsep 4 P's pemasaran yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat & jaringan distribusi), dan promotion (promosi). Namun, dari kesemua aspek pemasaran tersebut, perhatian pada strategi promosi menjadi menonjol karena aspek promosi relatif fleksibel. Suatu produk yang memiliki kemasan produk, harga, serta lokasi jangkauan terhadap konsumen yang relatif sama, akan terlihat unggul atau berbeda bila dipromosikan dengan cara-cara tertentu. Karena itu strategi promosi Perusahaan yang menggunakan media promosi iklan (iklan TV, radio, dan majalah) dan promosi penjualan (diskon, bonus, dan sponsorship) benar-benar harus diperhatikan dan dipantau efektifitasnya. Efektif tidaknya suatu strategi promosi akan berkaitan erat dengan anggaran promosi yang harus dialokasikan. Pemahaman serta penelitian ilmiah atas efektifitas strategi promosi ini harus dilakukan agar perusahaan memiliki informasi yang jelas dan akurat mengenai bentuk strategi promosi yang terbukti paling efektif dalam meningkatkan penjualan Decolgen dalam rangka meningkatkan pangsa pasarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41211.pdf
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 610-619 Medical and Medicine Science (Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 613 Personal Health, Hygiene (Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:02
Last Modified: 05 Aug 2016 02:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item