Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Pendidikan Karakter Terintegrasi Dengan Program Sekolah Berbasis Kearifan Lokal

Supriyanto, (2019) Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Pendidikan Karakter Terintegrasi Dengan Program Sekolah Berbasis Kearifan Lokal. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44230.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter merupakan bagian penting dalam rangka melestarikan budaya bangsa kita yang luhur yakni budaya ketimuran serta sebagai pembentuk moral,perilaku,perangai,tabiat serta aklak yang baik dan bijak berdasarkan paduan akal dan perasaan yang baik juga terpuji bahkan menghindarkan diri dari perilaku tercela dan buruk. Penelitian ini menerapkan pembelajarnn Pendidikan karakter yang terintegrasi dengan program sekolah berbasis kearifan lokal ,dimana dalam tahapan peogembangan Pendidikan karakter,secara internalisasi dilakukan sekolah melalui kerjasama dengan institusi terkait seperti dinas Pendidikan,pemerintah Desa,PAUD dan Komite sekolah untuk meningkatkan peran siswa dalam penerapan pcndidikan karnkter disekolah melalui penyusunan Buku Panduan pendidikan Karakter.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembiasaan nilai-nilai karakter pada siswa yang dapat diterapkan dalam kehidupan disekolah, keluarga, dirumah maupun di masyarakat,sedangkan tujuan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan Karakter terintegrasi dengan program sekolah berbasis kearifan lokal adalah mencapai konsep dan model pengembangan penerapan nilai - nilai karakter melalui kearifan lokal di lingkungan sekolah oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pengembangan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan program sekolah berbasis kearifan lokal.Variabel penelitian ini adalah nilai - nilai sikap atau moral dan spiritual dalam kehidupan sehari disekolah , keluarga dan masyarakat.Data ini diambil dengan observasi,angket Guru dan siswa yang di olah melalui rekapitulasi respon siswa dan respon guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penigkatan nilai - nilai karakter peserta didik di SDN Bandar 03 sebesar 90,00%.Hal ini dilakukan melalui penerapan perangakat kegiatan pcndidikan karakter berupa buku panduan pendidikan karakter yang valid dengan nilai rata - rata 97,50 %,Diskripsi perkembangan pembentukan sikap siswa secara keseluruhan menunjukkan peningkatan yang baik pada siswa menunjukkan kepraktisan dengan peningkatan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44230.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter,Program Sekolah, Kearifan Lokal
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 03:34
Last Modified: 12 Dec 2023 06:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item