Analisis Persepsi Pasien Rawat Inap tentang Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Keputusan Memilih Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Noviyanti, Laura Cecilia (2007) Analisis Persepsi Pasien Rawat Inap tentang Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Keputusan Memilih Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41225.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan rumah sakit baik milik swasta maupun milik pemerintah serta munculnya klinik-klinik kesehatan dan laboratorium-laboratorium medis di kota-kota menyebat,kan terjadinya persaingan yang ketat dalam menyediakan jasa pelayanan kesehatan. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengelola rumah sakit pemerintah dalam mempertahankan atau meningkatkan jumlah pasien adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas (service quality). Dengan kualitas pelayanan (yang terdiri dari dimersi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan kepastian dan empati) yang optimal, diharapkan rumah sakit akan mampu memenuhi harapan dari pasien. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi pasien rawat inap tentang pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap keputusan pasien memilih Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. PeneIitian ini menggunakan metode survei dengan metode aksidental, yaitu siapa saja pasien yang sudah menginap di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik minimal 2 hari dengan jumlah sampel 150 orang. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 13. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji serempak (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (service quality) yang terdiri dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan kepastian dan empati secara serempak berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan pasien memilih untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Haji Adam Malik Medan. HasH uji determinasi menunjukkan bahwa R Square = 0,714. Artinya variasi keputusan pasien mampu dijelaskan oleh kualitas pelayanan sebesar 71,4 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41225.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, layanan rumah sakit, persepsi
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:20
Last Modified: 28 Feb 2019 04:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item