PENILAIAN PERFORMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Purnama, R. Dicky Agus and Pribadi, Benny Agus (2014) PENILAIAN PERFORMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Jurnal Pendidikan, 15 (1). pp. 22-30. ISSN 1411-1942

[img]
Preview
Text
14. PENILAIAN PERFORMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi implementasi penilaian performa siswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam mempelajari isi atau mata pelajarains. Bentuk penilaian seperti apa yang diperlukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah mempelajari mata pelajaran sains? Jawaban terhadap pertanyaan ini sangat diperlukan untuk dapat merancang dan mengembangkan sistem penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam mata pelajaran sains. Sains atau science pada hakekatnya merupakan akar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Pembelajaran sains pada semua jenjang pendidikan perlu dirancang agar menarik dan bermakna bagi siswa. Aktivitas dalam pembelajaran sains harus memanfaatkan pendekatan dan teori belajar konstruktivistik yang mendorong siswa dapat membagun pengetahuan dan dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata. Pembelajaran sains berbasis teori belajar konstruktivistik bercirikan belajar seperti: Keterlibatan siswa (engagement); penggalian pengetahuan (exploration); penjelasan (explanation); penjabaran (elaboration); dan penilaian (assessment). Dalam aktivitas pebelajaran sains berbasis teori belajar konstruktivistik penilaian hasil belajar menekankan pada “performa “ siswa dalam mengintegrasikan pengetahuan-fenomena alam. Artikel ini akan mengupas implementasi konsep penilaian performa atau performance assessment dalam pembelajaran sains berbasis teori belajar konstruktivistik.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 14. PENILAIAN PERFORMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS.pdf
Uncontrolled Keywords: constructivism learning theory, performance assessment, science, penilaian performa, sains, teori belajar konstrukvistik.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:50
Last Modified: 01 Dec 2021 03:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9590

Actions (login required)

View Item View Item