Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Pengetahuan Administrasi Sekolah Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan

Zakiyah, (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Pengetahuan Administrasi Sekolah Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44337.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa terdapat tiga pengamh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional, Pengetahuan Administrasi, serta Kecerdasan Emosional dan Pengetahuan Administrasi Sekolah secara bersama-sama terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah di SD Negeri Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Yaitu, kurang tepatnya hasil dari Keputusan Kepala Sekolah tanpa Kecerdasan Emosional dan Pengetahuan Administrasi yang baik, kepada anak didik, guru, pegawai, proses belajar, dan ekstrakulikuler. Penulis juga menemukan bahwa para Kepala Sekolah ketika berlangslmgnya rapat tidak bisa mengelola emosinya dengan baik dan bijak, yaitu ketika memberikan pendapat dan pengambilan keputusan, karena tidak semua gum terlibat dalam rapat kccuali yang bersangkutan memiliki hubungan dengan acara atau program yang akan di buat. Kemudian, dampaknya tidak hanya pada hasil belajar murid saja, hal lain yang dapat terkena dampak ialah pencrapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada penelitian ini penulis sependapat dengan Mulyasa (2008: 162), Stephen Robbins (2006: 55), Masaong dan Tilome (2011: 3), Beni Saputra (2017). Bahwasanya, kecerdasan emosional yang baik dapat memberikan pengamh dan basil positif bagi sekolahnya termasuk anak didik, guru, dan pegawai, serta sistem pembelajaran dan ekstrakulikuler. Penulis juga sependapat dengan Beni Saputra (2017) bahwasannya pengetahuan administrasi sekolah juga berpengaruh pada pengambilan keputusan selain kecerdasan emosional. Metode penelitian ini mempakan penelitian kualitatif ex post facto, dengan menggunakan prosedur deskriptif inferensial dan melalui dua teknik utama yaitu pengumpulan data, populasi dan sampel. Kasus penelitian ini didapat dari wawancara seluruh guru dari beberapa SD Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500634874 - 44337.pdf
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence, Administrative Knowledge, Principal Decision Making,Public Elementary Schools, Kecerdasan Emosional, Pengetahuan Administrasi, Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah, Sekolah Dasar Negeri.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4036 Decision Making Management (Manajemen Pengambilan Keputusan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:36
Last Modified: 01 Dec 2021 04:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9591

Actions (login required)

View Item View Item