Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang.

Supardi, (2018) Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44227.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja merupakan keadaan emosional seseorang yang merasa bangga dan menyenagkan sebagai refleksi dari perasaan setiap individu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Setiap orang akan merasa puas jika hasil pckcrjaannya mcndapat penilaian dan dibcri kompEnsasi. Mcrasa puas adalah hak manusiawi jika karyawan atau pegawai disuatu organisasi atau perusahaan telah berhasil melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya, organisasi juga merasa puas terhadap basil kerja yang dfoapai oleh karyawannya. Hasil pengamatan pendahuluan ketidakdisiplinan tersebut dikarenakan tidak adanya kompensasi/penghargaan terhadap tugas yang telah mereka laksanakan. Ketidakpuasan kerja akan memberikan dampak negatifbagi pegawai maupun bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Pegawai akan menjadi tidak semangat melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Metode enelitian penjelasan (explanatory research) adalah penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melaJui pengujian hipotesa. Tehnik pengambilan sampel adaLah dengan proba/ity sampling dengan cara simple random sampling yaitu tehnik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalaM populasi tersebut. Instrumen penetitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada populasi yang menjadi sampel daJam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah deskrifiif statistik dengan regresi tinier berganda. Dalam penelitian ini menggunakan instrurnen penelitian, yaitu dengan menggunakan kuesioner atau angket Kuesioner berisikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang berhubungan dengan variabel bebas, yaitu Kompensasi Finansial (X1) dan Kompensasi Non Finansial (X2) serta variabel terikat yaitu Kepuasan Kerja (Y). Dalam penelitian penelitian ini instrumen penelitian dengan melakukan uji instrumen penelitian yaitu : uji validitas dan uji reliabilitas. Tujuannya adalah untuk menguji kuesioner apakah layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Uji asumsi klasik, uji linieritas dan analisis regresi tinier berganda. Prosedur pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang yang telah dipilih menjadi objek penelitian. Kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pemyataan tertulis kepada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang selaku responden untuk dijawab. Kompensasi finansial (gaji, tunjangan kesehatan dan keluarga, uang honor dan uang lembur) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang. Kompcnsasi non finansial (promosi jabatan, pcndidikan dan bimbingan tcknis,fasilitas pendukung tugas dan pujian dari pimpinan) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial berpengaruh positif dan signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap kepuasan kerja pegawai. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa kompensasi finansial dan kompensasi non finansial rnempengaruhi kepuasan kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kompensasi non finansial lebih dorninan pengaruh terhadap kepuasan kerja dari pada kompensasi finansial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500863392 - 44227.pdf
Uncontrolled Keywords: Financial Compensation, Non Financial and Job Satisfaction, Kompensasi Finansial, Non Finansial dan Kepuasan Kerja.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:20
Last Modified: 17 Dec 2021 07:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9610

Actions (login required)

View Item View Item