Analisis Kebutuhan Pengguna Lulusan Profesi Guru untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Teguh, and Agusta, Erie and Nizkon, (2019) Analisis Kebutuhan Pengguna Lulusan Profesi Guru untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Technical Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
G0001-22.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kepuasan para pengguna lulusan guru yaitu para kepala sekolah dan kompetensi yang diharapkan oleh para kepala sekolah untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 855 kepala sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Banyak sampel adalah 272, dengan α 5%, dan tersebar merata di 18 kecamatan. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan permodelan Rasch. Hasil penelitian 1) tingkat kepuasan pengguna lulusan terdiri dari responden sangat puas sebesar 1,6%, responden terindikasi puas sebesar 51,6%, responden terindikasi tidak puas sebesar 46%, dan responden terindikasi sangat tidak puas sebesar 0,8%. 2) kompetensi literasi data, profesionalisme, dan pedagogi adalah kompetensi yang paling dibutuhkan bagi para guru di era revolusi industri 4.0. Temuan ini dapat menjadi masukan dalam penyusunan CPL pada Kurikulum LPTK di masa depan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Additional Information (ID): G0001-22.pdf
Uncontrolled Keywords: analisis, lulusan, guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:03
Last Modified: 12 Jan 2022 03:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item