Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah

Syukuruddin, (2019) Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44296.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme aparatur pemerintah dalam pelayanan publik di Kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat profesionalisme aparatur pemerintah daJam pelayanan publik di kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskrifif kualitatif: dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Bapak Camat, Kasi Pemerintah, Kasi Kesra, anggota DPRD dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Profesionalisme aparatur pemerintah dalam pelayanan publik di Kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, pada indikator Responsif belum profesional, sebab kemampuan aparatur dalam mengantisipasi aspirasi barn sangat rendah, banyak aparatur yang pasrah dengan kemampuan yang ada. Birokrasi aparatur di Kantor Camat Pegasing sangat lambat merespon perkembangan sistem informasi manajemen, sehingga sedikit tertinggal dibandingkan dengan instansi lain dalam menjaJankan tugas dan fungsinya,aparatur kurang responsif dalam mengikuti arus global yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Sedangkan profesionalisme aspek inovatif dapat dikategorikan sangat inovatif, aparatur meski dengan keterbatasan sarana dan prasarana, mereka berinisiatif menyediakan blangko-blanko kbusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, agar pelayanan terhadap masyarakat lebih efektif dan efesien. Aparatur memiliki inovasi meminimalkan pembiayaan, misalnya dalam pengantaran surat-menyurat kini telah menggw1akan media sosial semua berlangsung lebih cepat dan praktis. Selanjutnya, aspek kreatif dapat dikategorikan cukup, karena masih banyak aparatur yang tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi secara kreatif, mereka menunggu perintah dari atasan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, mereka juga bekerja dengan pola lama, sehingga setiap urusan menjadi lambat serta sistem pengarsjpan kurang efektif, serta masih ada aparatur yang kaku dalam bekerja, mereka sangat berpatokan kepada peraturan-peraturan, hanya sebagian kecil aparatur yang memiliki loyalitas kerja yang tinggi. Faktor yang menghambat aparatur pemerintah profesionaJisme daJam pelayanan publik diantaranya karena rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya komitmen aparatur terhadap pekerjaan,Ketersediaan sarana dan prasarana kurang memadai, tipe dan gaya kepemimpinan serta struktur organisasinya dan iklim kerja yang tidak kondusif

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 501483102 - 44296.PDF
Uncontrolled Keywords: Professionalism of Government Apparatus, Public Services , Profesionalisme Aparatur Pemeritah, Pelayanan publik
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:04
Last Modified: 18 Jan 2022 05:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9647

Actions (login required)

View Item View Item