Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

Widiowardhani, Retno (2013) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41385.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan Model Pencapaian Konsep memberi ruang pada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan baru dengan cara menganalisis contoh yang membangun konsep, menyusun hipotesis, serta menguji apakah hipotesis yang disusun sudah sesuai dengan konsep yang akan dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis (KBK) matematis siswa ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan tingkat kemampuan awal matematis (KAM) pada kelas yang mendapat pembelajaran dengan Model Pencapaian Konsep juga di kelas yang mendapat pembelajaran biasa. Selain itu, dikaji pula peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa pada kedua kelompok sampel. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah SMA Negeri 10 Kota Bogor dengan sampel penelitian terdiri dari 76 siswa kelas XI IPA. Kemampuan awal matematis siswa diukur untuk melihat keefektifan penerapan model Pencapaian Konsep di tiap tingkatan KAM. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan Uji t sampel independen dan Uji Mann-Whitney U. Hasil uji Mann-Whitney U untuk data penelitian KBK matematis tingkat KAM tinggi menunjukkan peningkatan KBK matematis siswa di kelas yang mendapat pembelajaran dengan model Pencapaian Konsep pada tingkat KAM tinggi lebih baik secara siginifikan daripada peningkatan KBK siswa pada tingkat KAM tinggi di kelas pembelajaran konvensional, dengan nilai Sig.(2 sisi) sebesar 0,032. Begitu pula pada tingkat KAM sedang dan gabungan, hasil uji t independen sampel menunjukkan bahwa peningkatan KBK matematis siswa tingkat KAM sedang dan gabungan di kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan KBK matematis siswa tingkat KAM sedang dan gabungan pada kelompok kontrol, dengan nilai Sig.(2 sisi) berturut-turut sebesar 0,011 dan 0,017. Pada tingkat KAM rendah, peningkatan KBK di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan nilai Sig.(2 sisi) hasil uji Mann- Whitney U sebesar 0,286.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41385.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical critical thinking skill, concept attainment model, conventional learning, prior mathematical ability, kemampuan berpikir kritis, model pencapaian konsep,pembelajaran konvensional, kemampuan awal matematis.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:07
Last Modified: 05 Aug 2016 03:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item