Efektivitas Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP

Suhartiningrum, Kabul (2019) Efektivitas Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44290.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)Kelas VIII SMP. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experimental Design dengan mengambil populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirejo Temanggung tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil 3 kelas dari 7 kelas yang ada, dan terpilih kelas VIIIE,VIIIF, VllIG. Dari ketiga kelas ini kemudian diacak lagi untuk menentukan kelas ujicoba, kelas kontrol dan kelas eksperimen dan terpilih VllIG sebagai kelas eksperimen, kelas VIIIF sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIE sebagai kelas ujicoba. lnstrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemarnpuan pemecahan masalah matematika, clan skala motivasi belajar. Koefisien reliabilitas instrumen tes kemampuan pemecahan sebesar 0,842 dan koefiesisien reliabilitas skala motivasi belajar sebesar 0,943. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan matematika dan motivasi belajar. Terdapat perbedaan efektivitas pendekatan pembelajaran problem posing dengan pembelajaran konvensiona! ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar. Motivasi belajar sejalan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500581624 - 44290.pdf
Uncontrolled Keywords: Problem posing learning approach, mathematical problem solving skills, learning motivation, Pendekatan pembelajaran problem posing, kemampuan pemecahan masalah matematika, motivasi belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:47
Last Modified: 18 Jan 2022 07:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item