Pengaruh Self-Efficacy Dan Curiosity Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Kulsum, Umi (2019) Pengaruh Self-Efficacy Dan Curiosity Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44293.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Self-efficacy adalah keyakinan diri seseorang tentang kemampuannya memobilisasi motivasi, sumber daya kognitif, dan tindakan yang diperlukan sehingga mendorong siswa agar mampu mengerjakan hal-hal yang dilakukan dalam proses pembelajaran seperti melakukan eksperimen, melakukan percobaan, dan mengkomunikasikannya di kelas. Curiosity adalah motivasi dari dalam diri seseorang untuk mencari tahu jawaban dari keingintahuannya akan suatu hal baru atau yang sudah diketahui agar lebih mendalam dan merupakan salah satu pondasi sikap ilmiah siswa dalam mengembangkan pembelajaran sain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dan hubungan self-efficacy dengan hasil belajar, curiosity dengan hasil belajar serta self-efficacy dan curiosity secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah dasar kelas empat di gugus 16 wilayah Kedaung Kaliangke Cengkareng Jakarta BaraT selama dua bulan yaitu bulan Oktober dan November pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah regresi korelasi dengan jumlah sampel sebesar 81 sampel yang diambil secara acak random. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen self-efficacy, instrumen curiosity dan tes evaluasi hasil belajar berupa pilihan ganda. Hasil uji regresi Self Efficacy (X1) terhadap Hasil Belajar (Y) memiliki nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,389 (signifikan), hasil uji regresi Curiosity (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) memiliki nilai koefisien regresi (B)sebesar 0,409 (signifikan), dan hasil uji regresi secara simultan diperoleh nilai Fhihmg sebesar 46,400 (signifikan). Hasil uji korelasi self-efficacy dengan hasil belajar memiliki nilai koefisien 0, 671 (signifikan),hasil uji curiosity dengan hasil belajar memiliki nilai koefisien 0,674 (signifikan) dan hasil uji self-efficacy dan curiosity secara bersama-sama menunjukkan korelasi simultan sebesar 0, 737 (signifikan). Uji regresi korelasi menghasilkan nilai Rsquare sebesar 0,543. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa self-efficacy dan curiosity berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 54,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy dan curiosity yang tinggi akan memiliki hasil belajar yang tinggi pula, begiiu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500804367 - 44293.PDF
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Curiosity, Student's achievement and Science Learning Self-efficacy, Curiosity, Hasil belajar dan pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:09
Last Modified: 19 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item