Analisis Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Statistika Dalam Pembelajaran Inkuiri Bernuansa Lingkungan Sekitar Sekolah

Wijayanto, Muhammad Hana (2019) Analisis Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Statistika Dalam Pembelajaran Inkuiri Bernuansa Lingkungan Sekitar Sekolah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44292.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep statistika sebelum pembelajaran, menguji ketuntasan, menguji perbedaan kemampuan pemahaman konsep statistika antara pembelajaran inkuiri bemuansa lingkungan sekitar sekolah dengan pembelajaran konvensioanal, menguji peningkatan kemarnpuan pemahaman konsep statistika, menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep statistika dalam pembelajaran inkuiri bernuansa lingkungan sekitar sekolah pada siswa siswa kelas VI SD Negeri l Srobyong Mlonggo Jepara. Pembelajaran Matematika materi statistika dengan rnetode inkuiri beNuansa lingkungan sekitar sekolah dengan karakter kemandirian diharapkan menjadi solusi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yaitu gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif secara concurrent. Pada saat kegiatan pembelajaran ini data kualitatif maupun kuantitatif bersama-sama diarnbil yaitu : kemampuan-kemarnpuan statistika dan basil kuesioner kemandirian belajar (data kuantitatif dan kualitatif). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se Gugus Dabin I Kecarnatan Mlonggo Jepara. Sebagai sampel adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Srobyong Kecamatan Mlonggo Jepara, sebagai kelompok perlakuan dan siswa kelas VI SD Negeri 3 Srobyong sebagai kelompok konvensional. Tes kemampuan statistika yang dujicobakan secara empiris selanjutnya dianalisis validitas butir soal,reliabilitas dan tingkat kesukarannya dan daya beda. Uji yang digunakan adalah uji keefektifan yang meliputi : 1) Uji ketuntasan (One sample T Test), 2) Uji banding (uji t), 3) Uji pengaruh (uji j), dan 4) Uji peningkatan (paired sample test) dan kemampuan statistika menggunakan uji Nonnalitas gain (g). Namun sebelum dilakukan uji keefektifan terlebih dahulu dilakukan analisis uji prasyarat yang terdiri atas uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene Statistic Test antara kelas yang mendapat perlakuan dengan kelas konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan : tes kemampuan, kuesioner, pengamatan langsung dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menun.iukkan bahwa kemampuan awal statistika sebanyak 97% belum mencapai ketuntasan (< 75). Pernbelajaran Inkuiri bernuansa lingkungan sekitar sekolah mampu memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah statistika secara mandiri melalui diskusi, presentasi kelas dan penilaian individu yang berdampak kemampuan statistika menjadi tuntas, meningkat dan peningkatan kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Pembelajaran juga memberikan dampak kemandirian yang tinggi sebesar 61% dan kemandirian cukup sebesar 36 % yang berarti mendapat respon tinggi dan berkarakter di bidang kemandirian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500641128 - 44292.PDF
Uncontrolled Keywords: Leaming Independence, Understanding of Statistical Concepts, Inquiry into the Environment around the school ,Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Statistika, Pembelajaran inkuiri bemuansa lingkungan sekitar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:19
Last Modified: 19 Jan 2022 08:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item