Pengembangan LKS Dengan Model SQ3R (Survey, Question,Read, Recite, And Review) Perubahan Benda Untuk Mengembangkan Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa SD

Fadilah, Isni Nur (2020) Pengembangan LKS Dengan Model SQ3R (Survey, Question,Read, Recite, And Review) Perubahan Benda Untuk Mengembangkan Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44396.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan sangat penting untuk diperhatikan Adanya daya saing yang semakm ketat maka guru perlu melakukan suatu upaya dalam merancang kegiatan pembelajaran yang dapat menyelaraskan antara tuntutan masyarakat dengan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model 4-D bertujuan umuk menghasifkan produk LKS sesuai dengan langkah-langkah SQ3R (survey, Question, Read, recite. and Review) dalam mengembangkan keterampilan metakognitif dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran perubahan benda. Ujicoba lapangan LKS dengan SQ3R yaitu siswa kelas 5 Saturnus di SDN 1 Mimbaan sebanyak 28 siswa dan tahap penyebaran di SDN 2 Mimbaan sebanyak: 30 siswa Pengukuran keterampilan metakognitif menggunakan angket MAI (Metacognitive awareness Inventory). Penilaian penguasaan konsep siswa,dapat melalui nilai pre-test dan post-test Kualitas LKS yang dikembangkan terhadap keterampilan metakognif siswa SDN I Mimbaan memperoleh nilai Normalized gain (g) 0,43 dan SDN 2 Mimbaan nilai Normalized gum (g) 0,53 dengan kategori sedang. Kemudian, penguasaan konsep siswa SDN I Mimbaan memperoleh nilai Normalized gain (g) 0,48 dan SDN 2 Mimbaan nilai Normalized gain (g) 0,59 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa LKS dengan SQ3R yang dikembangkan telah layak digunakan dalam mendukung berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. LKS telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sesuai dengan tujuan penelitian dalam memberdayakan keterampilan metakognitif dan penguasaan konsep Siswa SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 530005374 - 44396.PDF
Uncontrolled Keywords: mastery of student concepts, metacognitive skills, change of objects,SQ3R model, students worksheet , penguasaan konsep siswa, keterampilan metakognitif, perubahan Benda, model SQ3R, LKS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:55
Last Modified: 25 Jan 2022 06:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item