Rulinawaty, and Andriyansah, and Alwi, and Basit, Mutmainnah and Mawardi, (2021) Hibridasasi Pelayanan Publik: Efektivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Provinsi Sulawesi Selatan. Project Report. Universitas Terbuka, Pondok cabe, Tangerang selatan. (Unpublished)
|
Text
Laporan Akhir Penelitian Hybrid (2)_ttdpakoki.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Organisasi publik saat ini diperhadapkan pada kekurangan sumber daya keuangan dalam penyelenggaraan pelayan dan kebijakan publik. Sementara itu, ia juga diperhadapkan pada tuntutan publik dalam hal efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tersebut sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan publik. Hal ini menunjukkan pelayanan publik merupakan suatu hal yang kompleks sehingga organisasi sebagai penyelenggara perlu didesain untuk mengatasi kondisi di atas. Organisasi yang seperti itu disebut hybrid organization. Hibridasasi organisasi publik sulit terhindarkan untuk efektifitas penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk mencapai hal tersebut maka logika institusional sebagai keyakinan budaya,tujuan, norma, aturan dan praktek yang menyusun kognisi dan prilaku pengambilan keputusan dan penyelenggaraan pelayanan publik, dalam hal ini penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas di Kota Makassar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membangun model hibridasasi pelayanan publik,meliputi tujuan khusus: (1) Deskripsi logika publik, pasar dan masyarakat sipil terwujud dalam kegiatan efektifitas pelayanan publik organisasi hybrid (2021); (2) Deskripsi strategi dan praktek organisasi yang memungkinkan interaksi logika multi aktor dalam aktivitas pelayanan publik yang efektif (2022); dan (3) Menjelaskan hubungan antar organisasi dengan aktor organisasi eksternal yang memfasilitasi interaksi logika kelembagaan (development logic dan private logic) pada efektifitas pelayanan publik (2023). Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan strategi studi kasus. penelitian tahun pertama (2021) dan tahun kedua (2022) menggunakan proses pengolahan data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi (Miles dan Hubeman, 1992) dan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kasus dan settingnya. Pada penelitian tahun ketiga (2023), menggunakan proses pengolahan data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi dan analisis datanya menggunakan teknik penjodohan pola dan analisis deret waktu. TKT penelitian tahun pertama (2021) adalah TKT 7, untuk menetapkan prinsip dasar riset tentang logika publik, pasar dan masyarakat sipil dalam pelayanan kesehatan. Tahun kedua (2022) menggunakan TKT 8, telah tersusunnya dukungan data awal tentang strategi dan praktek organisasi yang memungkinkan interaksi logika multi aktor dalam aktivitas pelayanan publik yang efektif. Tahun ketiga (2023) telah menetapkan rancangan dan metodologi penelitian untuk merancang model teoritis hibridasasi pelayanan kesehatan, TKT 9. Penelitian ini berlangsung selama tiga tahun dengan output yang ditargetkan adalah 3 artikel pada jurnal bereputasi internasional, -Scopus dan terdaftar di Scimago. Pada tahun pertama (2021) artikel dimasukkan pada Jurnal “Public Policy & Administration – Q3” (under reviewed). Tahun kedua (2022) artikel dikirim ke jurnal “Journal of Policy Practice – Q3”. Tahun ketiga (2023) artikel akan dimasukkan ke jurnal “international journal of public administration– Q2”. Selain itu, penelitian ini juga akan menghasilkan output berupa 3 makalah yang akan dipresentasikan di Seminar Internasional (invited speaker). Kemudian, penelitian ini, selama 3 tahun, juga direncanakan akan menghasilkan 1 buku teks (publish) yang masing-masing direncanakan diterbitkan oleh Penerbit Keday Buku Jenny.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 22/G0003.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Hibridasasi;Hibrid organization;Pelayanan publi;Pelayanan kesehatan. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan) 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 08:23 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 02:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9667 |
Actions (login required)
View Item |