Pengaruh Pembelajaran Pengajuan Masalah Terhadap pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir kritis Siswa MTs Sayyid Yusuf Talango-Sumenep

Nurhandayani, Suci (2019) Pengaruh Pembelajaran Pengajuan Masalah Terhadap pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir kritis Siswa MTs Sayyid Yusuf Talango-Sumenep. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44257.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pengajuan masalah dengan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ex perimental design dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep adalah uji t-test dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa adalah uji Mann Whitney, dikarenakan data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata N-Gain persen postest pemahaman konsep kelas eksperimen 31,47 dan kelas kontrol 24,40. Rata-rata nilai N-Gain persen kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 27,11 dan kelas kontrol 12,76. Dengan demikian karena perbedaan rata-rata N-Gain yang relatif kecil sehingga dianggap sama, maka pembelajaran pengajuan masalah tidak ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Respon siswa yang memperoleh pembelajaran pengajuan masalah lebih baik 64,21 % daripada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kelas yang memperoleh pembelajaran pengajuan masalah lebih aktif dengan rata-rata 62,51 % dengan kelas pembelajaran konvensional dengan rata-rata 36,25%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500903543 - 44257.PDF
Uncontrolled Keywords: problem posing, concept understanding, critical thinking. , pembelajaran pengajuan masalah, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, problem posing,concept undersatnding,critical thinking
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:44
Last Modified: 17 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9674

Actions (login required)

View Item View Item