Strategi Peningkatan IPM Melalui rata-rata lama sekolah (RLS) dan angka melek huruf (AMH) (Studi Kasus Desa Baning Kota)

Setiawan, Ferry (2019) Strategi Peningkatan IPM Melalui rata-rata lama sekolah (RLS) dan angka melek huruf (AMH) (Studi Kasus Desa Baning Kota). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44256.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi alasan kuat orang tua dalam mendukung pendidikan anak-anaknya, identifikasi ketercukupan guru dan sarana sekolah yaang ada pi Kabupaten Sintang serta untuk mengetahui komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam mengajar di sekolah sebagai bagian dari peningkatan IPM di Kabupaten Sintang khususnya bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Subyek penilitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten dan beberapa sekolah di lingkungan Kecamatan Sintang tepat lya oi Desa Baning Kota. Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan m tode wawancara, observasi dan kuesioner. Data yang di dapatkan dari Dinas Pendidikan, Sekolah, Guru dan murid yang merupakan subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Penelitian ini telah membuktikan bahwa motivasi belajar dan dukungan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 2) Ketercukupan Guru dan sarana sekolah Pemerintah Kabupaten Sintang hams fokus pada upaya meningkatkan kualitas Guru agar diperolah jumlah Guru layak yang ideal, yaitu yang berpendidikan SI/D4 dan bersertifikat mengajar. 3) Gaji atau honor yang diterima baik Guru PNS dan para Guru Tidak Tetap menjadi pemacu dalam proses belajar mengajar, karena gaji dan honor yang mereka terima merupakan komitmet kuat untuk para guru mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 530003808 - 44256.pdf
Uncontrolled Keywords: Improving IPM, Learning Motivation, Teacher's Quality, Peningkatan IPM, Motivasi Belajar, Kualitas Guru.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:54
Last Modified: 24 Feb 2022 09:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9681

Actions (login required)

View Item View Item