Pengembangan Buku Panduan Budaya Menulis Siswa Terintegrasi Program Sekolah Berbasis Pendekatan Kontekstual

Widati, (2019) Pengembangan Buku Panduan Budaya Menulis Siswa Terintegrasi Program Sekolah Berbasis Pendekatan Kontekstual. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44246.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Budaya menulis siswa rendah disebabkan belum adanya buku panduan menulis yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa SD. Buku panduan menulis yang beredar di pasaran bersifat umum, belum dikhususkan bagi siswa SD sehingga buku tersebut kurang sesuai bila digunakan dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan buku panduan menulis berbasis pendekatan kontekstual bagi siswa SD yang menarik, untuk meningkatkan kemampuan dan budaya menulis siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) Mendeskripsikan buku panduan budaya menulis yang dibutuhkan siswa dan guru, (2) Mendeskripsikan bentuk pengembangan buku panduan budaya menulis, (3) Mendeskripsikan hasil uji validasi dan uji kepraktisan buku panduan budaya menulis. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah silabus kegiatan dan buku panduan budaya menulis berbasis pendekatan kontekstual. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV, V dan VI di SD Negeri Gondang 02. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang ngacu pada teori Borg and Gall (Sugiyono, 2009)dengan sepulub tahap pelaksanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti menjadi enam tahapan. Sumber data penelitian adalah ahli atau pakar, siswa, dan guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon siswa dan respon guru serta lembar observasi keterlaksanaan produk. Hasil validasi silabus kegiatan memperoleh nilai sebesar 83%, untuk validasi buku panduan menulis sebesar 84,5%. Hasil uji coba kepraktisan menurut keterlaksanaan produk sebesar 83%. Respon guru sebesar 83,2% dan hasil respon siswa sebesar 83%, siswa memberikan respon positif. Kesimpulan penelitian, silabus kegiatan dan buku panduan budaya menulis siswa terintegrasi program sekolah berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan dalam kategori valid, praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44246.pdf
Uncontrolled Keywords: Guidelines, Writing Culture, Contextual approach , panduan, budaya menulis, pendekatan kontekstual
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:10
Last Modified: 06 Dec 2023 05:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item