Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

Utami, Yuli Sri (2019) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44303.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelajaran IPA di SD adalah salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Kenyataan di sekolah, prestasi belajar IPA masih banyak yang di bawah KKM. Setelah diteliti temyata faktor model pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar IPA. Saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah yang menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar di kelas. Pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, enggan bertanya, dan pembelajaran tidak menyenangkan, serta motivasi belajar siswapun rendah. Dampaknya, prestasi belajar IPA siswa menjadi rendah. Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan rendahnya prestasi belajar IPA siswa. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan penelitian ex post facto, dengan jenis explanatory research. Populasi penenlitian adalah Guru Kelas 5 se- Kecamatan Rejoso untuk variabel keterlaksanana Pembelajaran Berbasis Masalah. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik startified random sampling atau sampel acak dan berlapis. Sampelnya 6 guru kelas 5 yang sudah memakai model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam kegiatan belajar mengajamya. Untuk variabel motivasi belajar dan prestasi belajar, diambil sampel 91 siswa dari 6 SD yang sudah memakai model pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah, Angket Motivasi Belajar Siswa, dan tes untuk mengukur prestasi belajar siswa. Sebelum instrumen peneli tian digunakan, maka dilakukan uji coba instrumen, yang meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, daya beda soal, data hasil observasi, uji normalitas data, uji homogenitas data, dan yang terakhir adalah uji hipotesis. Prosedur pengumpulan data meliputi : 1) Pengamatan (observasi) untuk variabel Pembelajaran Berbasis Masalah; 2) Angket untuk variabel Motivasi Belajar; 3) Tes untuk mengukur prestasi belajar siswa. Metode Analisis Data meliputi: 1) Uji normalitas data; 2) Uji normalitas data; 3) Uji multikolinieritas. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, meliputi: persamaan regresi berganda,analisis korelasi berganda,analisis koefisien determinan, uji signifikansi. Dari hasil penghitungan untuk menentukan koefisien determiinasi dengan menggunakan SPSS for Windows versi 19 diperoleh nilai R2 adalah sebesar 0,971. Hal ini berarti variabel-variabel independen memberikan 97,1 % informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel-variabel dependen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IP A siswa, Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh positif Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500649115 - 44303.pdf
Uncontrolled Keywords: Problem Based Leaming, Leaming Motivation, Science Leaming Achievement , Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar IPA .
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:09
Last Modified: 30 Mar 2022 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item View Item