Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video (Studi Pengembangan Model PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa pada Kompetensi Dasar Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia)

Hasanah, Uswatun (2019) Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video (Studi Pengembangan Model PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa pada Kompetensi Dasar Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44306.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji kelayakan dan efektifitas model Problem­Based Learning (PBL) berbantuan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada kompetensi dasar jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SDN Kedungdowo Nganjuk, Jawa Timur. Subyek penelitiannya adalah siswa-siswa di dua kelas V tahun ajaran 2017/2018: kelas Va berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas Vb berjurnlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Penelitian kuantitatif dengan desain pengembangan ini menggunakan prosedur dan enam langkah dari Borg and Gall (2003): studi pendahuluan, perencanaan,pengembangan produk, validasi produk oleh ahli dengan menggunakan teknik delphi,uji coba produk, dan produk akhir. Uji coba produk dilakukan dengan prosedur penelitian eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini adalah model Problem·Based Learning (PBL) berbantuan media video yang dikembangkan melalui analisa uji validasi dengan melibatkan pakar rancangan ahli isi/materi, ahli model, dan ahli media yang menyatakan bahwa model ini sangat baik dan layak dipakai dalam pembelajaran JPS pada siswa kelas V. Di samping itu juga dilakukan uji kelayakan model oleh teman sejawat, kelompok kecil maupun kelompok besar, serta kelompok sasaran 25 siswa dari institusi tersebut di atas. Mereka menganggapan bahwa model ini sangat sesuai, menarik, dan mampu memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Dari asumsi-asumsi pada uji statistik yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, PBL model berbantuan medfa video ini layak dan efektif untuk meningkatkan pencapaian siswa dalam mempelajari kompetensi dasar pada kompetensi dasar jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V Sekolah Dasar. Komitmen dari semua pihak, baik guru, siswa dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran ini sesuai dengan petunjuk yang ada dibutuhkan agar hasil lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500649409 - 44306.pdf
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Leaming model, video media assistance, social science, Model Problem-Based Learning, Berbantuan Media Video, IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other Studies for Elementary Education (Lain-lain untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:29
Last Modified: 30 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9696

Actions (login required)

View Item View Item