Agustinus, Wira (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasaan Pasien di Rumah Sakit Budi Rosari Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41592.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy) terhadap tingkat kepuasaan pasien di Rumah Sakit Budi Rosari. Dalam suatu organisasi yang melalui tenaga medis Profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat meningkatkan kepuasaan pasien tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survei, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penjelasan karakteristik responden dan data penelitian mengunakan analisis diskriktif. Untuk anal isis statistik dan menyuji hipotesis menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah 8500 Pasien dan dengan rumus solvin, ditetapkan sampel 349 pasien. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan meyebar kuesioner,dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.(l). Kualitas Pelayanan Kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy) secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasaan pasien yang berobat. (2). Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa variabel tangibles tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; variabel reability tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien;variabel responsivness berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan pasien;variabel assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; variabel empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien (3). Empathy adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. (4). Selanjutnya kepuasan pasien berpengharuh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang berobat tersebut. Rumah Sakit Budi Rosari batam perlu meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien yang berobat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41592.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan kesehatan (tangible, reliability, responsiveness, asurrance, empathy), tingkat kepuasaan pasien rumah sakit. Quality of health services (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy), hospital patient satisfaction levels. |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:14 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 07:38 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |