Persepsi Pegawai Terhadap Peran Auditor Satuan Pengawasan Internal (SPI)

Meilani, Any and Widiastuti, Yeni (2015) Persepsi Pegawai Terhadap Peran Auditor Satuan Pengawasan Internal (SPI). In: Seminar Nasional Fekon 2015.

[img]
Preview
Text
22-S0008.pdf.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Perbedaan persepsi pegawai terhadap peran auditor internal tidak dapat dihindari. Hal ini wajar terjadi karena persepsi seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu faktor pada pemersepsi, faktor dalam situasi dan faktor pada target (Robbin, 2006). Dalam menjalankan tugasnya, auditor dapat berperan sebagai pengawas, konsultan serta katalisator. Tujuan penelitian untuk menganalisa peran auditor SPI sebagai pengawas, konsultan dan katalisator. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai UT, baik yang ada di kantor UT Pusat maupun di UPBJJ-UT di seluruh Indonesia. Sampel diambil secara simple random sampling sebanyak 415 orang pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung maupun tidak langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi pegawai UT terhadap peran Auditor SPI sebagai pengawas, konsultan dan katalisator relatif sama, yaitu nilai mean berkisar antara 3,06 – 3,15; (2) Peran Auditor SPI sebagai konsultan menduduki peringkat 1 (mean = 3.15). Hal ini menunjukkan pegawai UT membutuhkan auditor internal yang tidak hanya berfokus pada penemuan kecurangan yang terjadi tetapi juga berperan sebagai konsultan internal yang memberikan masukan serta dapat menunjang efektivitas pengendalian atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan; (3) Peran auditor SPI sebagai pengawas (mean = 3,10) menduduki peringkat II, artinya peran yang dijalankan auditor SPI masih menganut paradigma lama, saran dan rekomendasi yang diberikan hanya bersifat jangka pendek, peran auditor seperti polisi dapat membuat pegawai merasa tidak nyaman dan membuat pegawai kurang menyukai kehadiran auditor serta dapat juga menganggap auditor internal sebagai lawan mereka.; (4) Peran auditor SPI sebagai katalisator (mean = 3,06) menduduki peringkat III, artinya peran ini merupakan peran yang paling sedikit diperankan oleh auditor SPI. Dalam menerapkan peran ini secara penuh membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang, karena peran auditor SPI sebagai katalisator dimungkinkan akan ikut serta dalam menentukan tujuan institusi; (5) Terdapat perbedaan peringkat peran antara persepsi pegawai di UT Pusat dengan pegawai di UPBJJ-UT. Peran auditor sebagai pengawas merupakan peringkat I di UT Pusat, sedangkan di UPBJJ-UT peran auditor SPI sebagai konsultan. Peringkat II di UT Pusat, auditor SPI berperan sebagai konsultan, sedangkan di UPBJJ-UT auditor SPI berperan sebagai pengawas. Peringkat III, auditor SPI berperan sebagai katalis baik di UT Pusat maupun di UPBJJ-UT

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22-S0008.pdf
Uncontrolled Keywords: persepsi, auditor, pengawas, konsultan, katalisator, satuan pengawasan internal
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657.45 Auditing (Audit Keuangan, Pemeriksaan Keuangan)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2015
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2022 08:04
Last Modified: 27 May 2022 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item