Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Cooperative Learning Type Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas III Sekolah Dasar

SHOLIHAH, MILLA CAMILA AL MARATUSH and Farisi, Mohammad Imam and M, Sulthon (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Cooperative Learning Type Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
0Cvr.pdf

Download (3MB)
[img] Text
456.pdf

Download (7MB)
[img] Text
123j.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui adanya perbedaan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan cooperative learning tipe think talk write pada kelas 3 SDN Karangrejo 01 Jember (2) Untuk mengetahui tingkat keefektifan discovery learning dengan cooperative learning type think talk write dalam kemampuan berpikir kreatif peserta didik SDN Karangrejo 01 Jember. Penelitian ini menggunakan metode quasy-eksperimental dengan dengan pola Tipe non equivalent control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SDN Karangrejo 01 Jember yang dibagi dua sama besar sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Keefektifan ditentukan melalui data pretest dan postest sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran think talk write. Ukuran pengaruh penerapan pembelajaran dan penguasaan konsep peserta didik dengan think talk write dihitung setelah melakukan uji t. Pretest didapatkan thitung = 0,3997 lebih kecil dari ltabel = 1,688 dan uji-t perbedaaan pretes-postes didapatkan hasil hitung = 3,302 yang lebih besar dari ttabe1 = 1,688 dan keefektifan perlakuan pada kelompok eksperimen sebesar 62,1% yang berada pada hasil uji kisaran 61 % - 80%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan : (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok yang diajar dengan discovery learning dan cooperative learning tipe think talk write (2) tingkat keefektifannya tinggi yang berarti bahwa kelompok eksperimen yang diajar menggunakan cooperative learning tipe think talk write memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih baik dari kelompok yang diajar menggunakan discovery learning .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44310.pdf
Uncontrolled Keywords: think talk write, discovery learning, creative thinking, berpikir kreatif.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 May 2022 03:42
Last Modified: 31 May 2022 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item View Item