Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Peadagogik Guru Terhadap Penjaminan Mutu di SD Negeri Kecamatan Way Lima Pesawaran

OKTAVIA, DENILA and Winata, Ganjar and Sunarsih, Deetje (2019) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Peadagogik Guru Terhadap Penjaminan Mutu di SD Negeri Kecamatan Way Lima Pesawaran. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44153.pdf - Submitted Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: 1) motivasi berprestasi terhadap penjaminan mutu, 2) kompetensi paedagogik guru terhadap penjaminan mutu serta 3) motivasi berprestasi dan kompetensi paedagogik guru secara simultan terhadap penjaminan mutu di SD Negeri Kecamatan Way Lima Pesawaran Lampung. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan variabel bebasnya adalah motivasi berprestasi dan kompetensi paedagogik guru, sedangkan variabel terikat adalah penjaminan mutu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Way Lima Pesawaran Lampung yang berjumlah 102 orang yang tersebar di 10 SD Negeri. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dan instrumen, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi baik secara sederhana maupun ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap penjaminan mutu; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi paedagogik guru terhadap penjaminan mutu; 3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan kompetensi paedagogik guru secara bersama-sama terhadap penjaminan mutu. Kesimpulan penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap penjaminan mutu, artinya bahwa semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi guru, semakin baik pula penjaminan mutu sekolahnya, 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi paedagogik guru terhadap penjaminan mutu, artinya bahwa semakin baik kompetensi paedagogik seorang guru, semakin baik pula penjaminan mutu sekolahnya, 3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan kompetensi paedagogik guru secara bersama-sama terhadap penjaminan mutu, artinya semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi seorang guru dan kompetensi paedagogiknya, semakin baik pula penjaminan mutu sekolahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44153.pdf
Uncontrolled Keywords: achievement motivation, teachers paedagogic competence, quality assurance, motivasi berprestasi, kompetensi paedagogik guru, penjaminan mutu
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:14
Last Modified: 28 Jul 2022 04:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item