Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 1 Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawoni Kabupaten Lampung Timur

PONIJAN, and Meriyati, and Amini, Mukti (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 1 Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawoni Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44152.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemecahan masalah matematis lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran ekspositori. (2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelompok minat tinggi, kelompok minat sedang dan kelompok minat rendah pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran ekspositori. (3) Interaksi antara faktor metode pembelajaran yang diberikan dengan kategori minat peserta didik terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial 2 X 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Bandar Agung Kabupaten Lampung Timur, dengan teknik: simple random sampling terpilih kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Data hasil angket dan tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji analisa varians dua jalur berbantuan SPSS. Bedasarkan analisis data ditenukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama, peserta didik yang memperoleh metode tipe STAD memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada peserta didik yang telah memperoleh suatu metode pembelajaran ekspositori. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan kelompok minat tinggi lebih baik daripada minat sedang dan rendah, serta tidak ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelompok sedang dan rendah. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara faktor metode pembelajaran yang diberikan dengan kategori minat peserta didik terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44152.PDF
Uncontrolled Keywords: Interest in Learning; Mathematical Problem Solving; STAD, : Minat Belajar; Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:07
Last Modified: 21 Jul 2022 04:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item