Korelasi Penerapan Metode Demonstrasi dan Kecerdasan Anak dengan Prestasi Belaja Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

KHOIRUL UMMAH, IRMA and Maryaeni, and Suroyo, (2019) Korelasi Penerapan Metode Demonstrasi dan Kecerdasan Anak dengan Prestasi Belaja Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44134.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh dasar bahwa pembelajaran matematika yang sebenarnya dapat dimodifikasi dengan beragam metode pembelajaran, guru seringkali menggunakan metode yang itu-itu saja, padahal banyak metode yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi matematika agar lebih menarik. Salah satu metode yang menarik adalah metode demonstrasi, karena pelajaran matematika akan lebih menarik jika siswa diajak langsung untuk mempraktekkan rnateri yang akan dan sedang dipelajari. Selain metode pembelajaran hal lain yang sering diabaikan adalah tingkat kecerdasan anak yang masing-masing individu mempunyai karakter yang berbeda, sehingga dalam pembelajaran guru juga harus memperhatikan aspek dari kecerdasan anak tersebut. Sedangkan Tujuannya adalah (1) Untuk. mengetahui adanya korelasi antara penerapan metode demonstrasi dengan prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar (2) Untuk mengetahui adanya korelasi antara kecerdasan anak dengan prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar (3) Untuk mengetahui adanya korelasi antara penerapan metode demonstrasi dan kecerdasan anak dengan 1 prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampel dengan teknik purposive sampling. Kemudian teknik pegumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data di uji dengan uji prasarat reliabilitas, validitas, dan normalitas. Setelah itu data diuji hipotesis dengan menggunakan regresi tinier berganda melalui SPSS for Windows 21. Basil penelitian ini menyimpulkan: (1) Terdapat Korelasi yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi dengan prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar. Angka ini menunjukkan bahwa variable terikat dipengaruhi sebesar 26% oleh varibael bebas. Sedangkan sisanya sebesar 74 % dipengaruhi oleh variable lain di luar variabel metode demonstrasi dalam penelitian ini. (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan anak dengan prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar. Angka ini menunjukkan bahwa variable terikat dipengaruhi sebesar 28 % oleh variabel bebas. Sedangkan sisanya sebesar 72 % dipengaruhi oleh variable lain di luar varibael kecerdasan anak dalam penelitian ini. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi dan kecerdasan anak dengan prestasi belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar. Angka ini menunjukkan bahwa variable terikat dipengaruhi sebesar 27% oleh variabel bebas. Sedangkan sisanya sebesar 73% dipengaruhi oleh variable lain di luar varibael metode demonstrasi dan kecerdasan anak dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44134.pdf
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Children's Intelligence, Mathematics Learning Achievement Student, Metode Demonstrasi, Kecerdasan anak, Prestasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:40
Last Modified: 25 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item