Pengaruh Strategi Circuit Learning Berbantuan Visual dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bojong 2 Kota Tangerang

ISLAMIYATI, RINA and Hidayat, Sholeh and Rumanta, Maman (2020) Pengaruh Strategi Circuit Learning Berbantuan Visual dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bojong 2 Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44366.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi circuit learning berbantuan visual dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penggunaan ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Bojong 2 yang berjumlah 62 siswa, sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket konsep diri dan tes berupa soal pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan Teknik anova dua jalur. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi circuit learning berbantuan visual dan strategi circuit learning berbantuan audio. Hal ini di dasarkan dengan uji statistic anova dua jalur yang menyatakan bahwa signifikansi untuk katagori strategi circuit learning berbantuan visual 0,000 yang artinya < 0,05. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS anatara siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa signifikansi untuk konsep diri 0,001 yang artinya < 0,05. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi circuit learning berbantuan visual dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS. Hal ini didasarkan dengan uji anova dua jalur yang menyatakan signifikasi untuk katagori strategi circuit learning berbantuan visual dan konsep diri 0,011 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh penggunaan strategi circuit learning berbantuan visual dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44366.pdf
Uncontrolled Keywords: Visual assisted circuit learning strategy, self-concept and social studies learning outcomes for fifth grade elementary school, Strategi circuit learning berbantuan visual, konsep diri dan hasil belajar IPS kelas V sekolah dasar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:53
Last Modified: 27 Jul 2022 06:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9823

Actions (login required)

View Item View Item