Implementasi Peraturan Kenaikan Pangkat dan Jabatan Melalui Prestasi Kerja dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Gugus III Distrik Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat

LATUNUSSA, AGUSTINA (2018) Implementasi Peraturan Kenaikan Pangkat dan Jabatan Melalui Prestasi Kerja dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Gugus III Distrik Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44214.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di kelas atau di lapangan. Penelitian Tindaka Kelas sangat berpengaruh pada kenaikan pangkat guru dalam jabatan, sebab penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan prestasi kerja guru berdasarkan Permeneg Pan RB No. 16 tahun 2009. Prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Provesionalisme merupakan pekerjaan dapat pula berwujud sebagai jabatan di dalam suatu hirarki organisasi birokrasi yang menuntut keahlian tertentu. Kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang ditetapkan. Gugus III Aimas adalah Gugus atau rayon kelompok kerja guru (KKG) yang terletak di Distrik Aimas Kabupaten Sorong, Gugus KKG ini adalah wahana kolegial guru untuk membahas persoalan-persoalan yang berhubungan langsung dengan tugas dan keprofesian guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, menjelaskan dan membahas sikap Dinas Pendidikan, Pengawas, dan Kepala Sekolah, terhadap implementasi penerapan Permeneg Pan RB No. 16 tahun 2009. tentang realisasi, hambatan dan solusi tentang Penelitian Tindakan kelas. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa para guru di gugus III Distrik Aimas telah menyadari pentingnya Permeneg Pan RB Nomor 16 tahun 2009 sehingga dalam pengusulan kenaikan pangkat tidak mengalami kendala.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44214.pdf
Uncontrolled Keywords: PTK, work performance, professionalism, teacher performance, prestasi kerja, profesionalisme, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31424 Promotion - Personnel Management (Promosi Jabatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:40
Last Modified: 04 Dec 2023 02:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9834

Actions (login required)

View Item View Item