Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Kontekstual Bermuatan Karakter Kerja Sama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VI

SALI, and Waluya, Budi and Azar, Ervin (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Kontekstual Bermuatan Karakter Kerja Sama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VI. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44221.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghiasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model Plomp, yang terdiri dari 5 langkah utama yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap desain, tahap realisasi/kontruksi (prototip), tahap penilaian, dan tahap implementasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Buku ajar peserta Didik. Subyek pada.pehelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Cempereng, Kabupaten Batang. Analisis data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 5 validator menggunakan instrumen lembar validasi. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan lembar pengamatan kemampuan guru mengelola kelas dan lembar angket respon perta didik. Keefektifan dinilai berdasarkan hasil uji ketuntasan, uji banding t- tes, uji regresi linier, dan uji gain. Hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrument penelitian yang dihitung dengan nilai maksimum 5,00 adalah sebagai berikut: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid yaitu silabus dengan skor rata-rata 4,18 (sangat baik), RPP dengan skor 4,03 (baik), buku peset! didik dengan skor 4,04 (baik), LKPD dengan skor 3,96 (baik) 2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: a) hasil pengamatan guru mengelola kelas mempunyai rata-rata 4.06 dengan kriteria sangat baik b) respon peserta didik baik dengan rata-rata 4,06 (sangat baik), c) hasil pengamatan kemampuan komunikasi matematis dengan skor rata-rata 4,06 (sangat baik) 3) Pembelajaran materi dinyatakan efektif, yaitu: a) tercapainya ketuntasan invidual secara klasikal dengan ketuntasan lebih dari 75%, b) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan model TSTS lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional c) adanya peningkatan karakter kerjasama

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44221.pdf
Uncontrolled Keywords: TSTS, Contextual Learning, Cooperation, Mathematical Communication Ability, TSTS, Pembelajaran Kontekstual, Kerja sama, KemampuanKomunikasi Matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:32
Last Modified: 20 Jul 2022 08:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9842

Actions (login required)

View Item View Item