Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD·070981 Fodo

ZEBUA, ARLIKA and Situmurung, Julaga and Sukmayadi, Dodi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD·070981 Fodo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44217.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPA dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah. Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 070981 Fodo sebanyak 2 kelas yang keseluruhan berjumlah 68 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Pelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice). Teknik analisis data menggunakan analisis dua jalur deggan alat analisis SPSS Versi 24.Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (72,55) lebih tinggi dari tes hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (9,11) dengan Sig. 0,047 < 0,05. Hasil belajar siswa yang memiliki minat pelajar tinggi (77 ,25) lebih baik dari tes hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah (64,51) dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05. Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kovensional dengan tingkat minat belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan-perolehan nilai Sig. 0,002 <.. 0,65

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44217.pdf
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Interest in Learning, Learning Outcomes, Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:21
Last Modified: 25 Jul 2022 03:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9846

Actions (login required)

View Item View Item