Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS untuk Meningkatkan Pengetahuan Bencana dan Kepedulian Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar

Mu'awanah, Siti and Mastur, Zainuri and Herman, (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS untuk Meningkatkan Pengetahuan Bencana dan Kepedulian Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
21.44279.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan rawan bencana baik bencana karena kondisi alam maupun karena ulah manusia itu sendiri. Pengetahuan tentang bencana dan kepedulian terhadap lingkungan perlu dipupuk sejak dini. Penelitian pengembangan ~ajaran bervisi SETS ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan pengetahuan bencana dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan perangkat, menguji kevalidan perangkat, menguji kepraktisan dan keefektidan model pembelajaran bervisi SETS dalam mata pelajaran IPA di SD. Penelitian dengan populasi siswa kelas V SD Negeri di Desa Tahunan Jepara sebanyak 6 seko1ah. Sampel yang diambil siswa kelas 5 SDN 3 Tahunan dan siswa kelas 5 SDN 4 Tahunan Tahun pelaJaran 201 -2017. Jenis penelitian pengembangan dengan produk outnya adalah perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, bahan ajar dan alat evaluasi. Data diperoleh melalui tes dan diuji menggunakan uji hasil penelitian menunjukkan ~ngembangan perangkat pembelajaran bervisi-SETS dalam mata pelajaran IPA. SD dilakukan dengan cara menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, bahan ajar dan seperangkat alat evaluasi, dilanjutkan dengan valiaasi oleh ahli dan dilakukan Uji coba lapangan. perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat valid, terbukti dari hasil validasi ahli dengan rata-rata.skor penilaian pada interval 4,2-5,0. Perangkat pembelajaran. yang dikembangkan tergolong praktis dan mampu meningkatkan pengetahuan bencana dan kepedulian lingkungan tergolongefektif, terbukti adanya peningkatan pengetahuari kebencanaan, mencapai ketuntasan, secara nyata pengetahuan tersebut lebih dari kelompok kontrol dan kepedulian siswa terhadap lingkungan tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44279.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Tools, SETS, Disaster Knowledge, Environmental Concern, Perangkat Pembelajaran, SETS, Pengetahuan Bencana, Kepedulian lingkungan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:41
Last Modified: 25 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9847

Actions (login required)

View Item View Item