Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur

SUHARTONO, RUDI (2019) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44121.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik dan disiplin kerja punya peranan penting dalam menunjang kinerja guru. Kurang berhasilnya pendidikan bukan hanya disebabkan kurikulum, tetapi kadang lebih dipengaruhi karena rendahnya kualitas guru dalam proses pembelajaran baik kemampuan maupun sikap sehingga dipandang perlu untuk dilakukan dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pedagogic dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SekolahDasar se-Kecamatan Gunung Pelindung. Analisis data penelitian ini dengan pendekatan survey, menggunakan analisis regresi dan korelasi, untuk menguji hipotesis penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri dan swasta se-Kecamatan Gunung Pelindung berjumlah 118 orang berasal dari 11 sekolah dengan jumlah sampel 54 orang guru. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Kompetensi pedagogik mempunyai pengaruh yang signiftikan terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi rx1y= 0,601 dan koefisien determinasi 0,361 atau besarnya pengaruh 36,10% dengan persamaan regresi Y = 44,335+0,475Xt. Berdasarkan koefisien korelasinya pada tingkatan korelasi yang kuat, semakin baik tanggapan responden tentang kemarnpuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik yang meliputi penguasaan karakteristik pesertadidik; menguasai teori belajar; mengernbangkan kurikulum; pernbelajaran yang rnendidik; rnernanfaatkan teknologi; pengernbangan potensi siswa; komunikasi efektif, empatik dan santun; penilaian dan evaluasi; hasil evaluasi; dan Tindakan reflektif rnaka akan ada kecenderungan rnemiliki kinerja yang baik, 2) Disiplin kerja guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 490 dan koefisien determinasi 0,241 atau pengaruhnya 24,10% serta dengan persamaan regresi Y=54,065+0,390 X2. Berdasarkan koefisien korelasinya pada tingkatan korelasi yang kuat, semakin baik tanggapan responden tentang sikap dan perilaku guru dalam bertugas yang melaksanakan tata tertib, taat terhadap kebijakan dan kebijaksanaan serta menguasai diri dan introspeksi akan berdarnpak pada kinerjanya, dan 3) Kompetensi pedagogik dan disiplin kerja guru, secara bersama-sarna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,613 dan koefisien determinasi 0,376 atau pengaruhnya 37,60% serta persamaan regresi Y=41,361+ 0,389X1 + 0,130X2. Berdasarkan koefisien korelasinya pada tingkatan korelasi yang kuat, sernakin baik kompetensi diri, dan semakin baik disiplin kerja ada kecenderungan semakin baik kinerja guru meliputi hasil yang dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka upaya mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44121.pdf
Uncontrolled Keywords: pedagogic competence, work discipline, teacher performance, kompetensi pedagogik, disiplin kerja, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:12
Last Modified: 12 Dec 2023 07:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item