Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair And Share Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Motivasi dan Hasll Belajar Siswa Kelas V

KOMARIYAH, NURUL (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair And Share Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Motivasi dan Hasll Belajar Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44118.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan--Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran IPA terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta Didik. Kelas V A dan Kelas V B sebagai Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pre- Test-Pos Test Design. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner atau angket dan data hasil pretest dan posttest basil belajar peserta didik. Data dianalisis dengan teknik Descriptif Statistik frequency, Uji Paired Sample T-test dan uji Correlation Bivarite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) terdapat pengaruh penerapan model pembelajan kooperatif Tipe Jigsaw dan TPS dalam menigkatkan motivasi peserta didik dalam pelajaran IPA kelas V, (2) Terdapat pengaruh penerapan model pelajaran kooperatif Tipe Jisaw dan TIS dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam pelajaran IPA kelas V (3) Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran IPA kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44118.pdf
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Think Pair and Share Type, Motivation, Learning Outcomes, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Tipe Think Pair and Share , Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:29
Last Modified: 12 Dec 2023 07:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item View Item