Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa SMP

LASMINI, (2019) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44277.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan quantum learning ditinjau dari prestasi belajar matematika, (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran model NHT dengan Quantum learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran model NHT tanpa Quantum learning, (3) mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi, sedang, dan rendah, dan (4) mengetahui perbedaan prestasi belajar model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Quantum learning dan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT tanpa Quantum learning pada masing-masing tingkat kecerdasan matematis logis. Penelitian ini merupakan Quasi exsperimental. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VITI S'MP Negeri 1 Parakan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, yaitu kelas VIllA dan VTIIC, masing-masing sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis dengan t-test dan Anava dua jalan sel tidak sama, dilanjutkan metode Scheffe. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan: 1) Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Quantum learning efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika; (2) prestasi belajar matematika siswa yang dikenal model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Quantum learning lebih baik daripada prestasi belajar maternatika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NIIT) tanpa pendekatan Quantum learning; (3) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematika logis sedang dan renda serta restasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis sedang tidak lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis rendah; 4a) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Quantum learning lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tanpa pendekatan Quantum learning. (4b) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis sedang, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pendekatan Quantum learning lebih baik daripada prestasi belajar siswa, yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Quantum learning; dan (4c) pada kelompok siswa yang memilikikecerdasan ,matematika logis rendah, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Quantum learning lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) tanpa pendekatan Quantum learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44277.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Achievement, NHT, Quantum Learning approach, Mathematical Intelligence, Prestasi Belajar, NHT, Pendekatan Quantum Learning, NHT tanpa pendekatan Quantum Learning Kecerdasan Logis Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.4 Reading (Membaca, Belajar Membaca)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:56
Last Modified: 23 Feb 2024 07:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9866

Actions (login required)

View Item View Item