Pengaruh Sistem Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal, Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayawijaya

SARIRA, IRFAN SHANDY and Pakasi, Usman and B. Irianto, Liestyodono (2019) Pengaruh Sistem Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal, Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayawijaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44114.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kebijakan mengenai standar operasional prosedur pada Dinas Penanaman Modal, Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayawijaya belum menggunakan pelayanan secara elektronik sebagaimana yang diwajibkan oleh Peraturan Presiden republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu masih terbatasnya personil/sumber manusia yang memberikan pelayanan pada Dinas Penanaman Modal, Koperasi dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayawijaya juga menjadi kendala dalam penyelenggaraan TSP di Kabupaten Jayawijaya. Dengan demikian tujuan pelayanan terpadu satu pintu yang ditegaskan oleh Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yaitu memperpendek proses pelayanan dan mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, pasti, serta terjangkau belum dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sistem, prosedur dan metode terhadap kualitas pelayanan publik. (2) pengaruh personil terhadap kualitas pelaya publik. (3) pengaruh sarana prasana terhadap kualitas pelayanan publik. (4) Pengaruh masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. (5) pengaruh system pelayanan terhadap kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan instrument penelitian kuisioner. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem prosedur dan metode terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara personil terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sistem prosedur dan metode, personil, sarana prasarana dan masyarakat secara simultan terhadap kualitas pelayanan publik. Artinya perubahan-perubahan yang terjadi pada sistem prosedur dan metode, personil, sarana prasarana dan masyarakat akan memberikan pengaruh nyata dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan publik Dinas Penanaman Modal, Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayawijaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44114.pdf
Uncontrolled Keywords: Service system, service quality, public, Sistem pelayanan, kualitas pelayanan, publik
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:08
Last Modified: 25 Jul 2022 03:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9870

Actions (login required)

View Item View Item